Ini Jumlah Penerima PKH Tahap Pertama Tahun 2021

Ini Jumlah Penerima PKH Tahap Pertama Tahun 2021

SAMPIT – Program pemerintah pusat terkait bantuan sosial (Bansos) telah disalurkan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Sosial, salah satunya adalah bantuan untuk Program Keluarga Harapan (PKH).

“Bantuan PKH pada tahap pertama yaitu tahun 2021 masih berlangsung dengan jumlah penerima sebanyak 11 ribu orang,” terang Kadis Sosial melalui operator PPKH, Mochtamar, Senin 11 Januari 2021.

Syarat penerima bantuan tersebut merupakan warga yang memiliki komponen PKH, seperti adanya komponen Balita, SD sederajat, SMP sederajat, Ibu Hamil dan Lansia serta Disabilitas berat.

“Penerimanya yaitu yang memiliki komponen PKH,” ungkapnya.

Untuk jumlah yang diterima oleh keluarga penerima manfaat (PKM) bantuan PKH ini bervariasi, tergantung dari syarat yang diajukan oleh PKM.

“Kalau dalam satu komponennya ada SD, SMP, dan SMA pasti jumlahnya berbeda dengan Komponen yang hanya SD saja,” papar Tamar.

Besaran nilai bansos PKH bagi yang duduk di bangku SD/MI/sederajat akan mendapatkan sekitar Rp 100 ribu per tiga bulan setelah Covid-19. Kemudian SMP/MTs/sederajat akan mendapatkan Rp 750 ribu. Bagi pelajar SMA/MA/ sederajat akan mendapatkan Rp 900 ribu.

Sedangkan untuk nilai bantuan yang diterima dalam satu tahun untuk ibu hamil Rp 3 juta, anak usia dini Rp 3 juta penyandang disabilitas Rp 2,4 juta dan lanjut usia Rp 2,4 juta.

Program ini tambahnya, dilakukan secara bertahap, tahap pertama yaitu per tiga bulan, sehingga dalam setahun ada 4 tahap.

“Untuk tahun 2021 baru tahapan satu dan penyalurannya melalui rekening penerima langsung,” tambahnya.

(dev/matakalteng.com)

The post Ini Jumlah Penerima PKH Tahap Pertama Tahun 2021 appeared first on Mata Kalteng.

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: