Ini Hasil Rapat Persiapan Pembentukan Satgas Covid-19 Kecamatan Sampai RT

Ini Hasil Rapat Persiapan Pembentukan Satgas Covid-19 Kecamatan Sampai RT

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan rapat persiapan pembentukan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (STPC) tingkat Kecamatan hingga ke tingkat Rukun Tetangga (RT) yang dipimpin oleh Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kotim.

“Hasil rapat dari keseluruhan Camat dan peserta yang hadir setuju untuk membentuk Satgas Kecamatan hingga RT,” papar Dandim 1015 Letkol Czi Akhmad Safari, Rabu 13 Januari 2021.

Lanjutnya, pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 hingga tingkat RT ini sesuai dengan instruksi Menteri dalam Negeri dengan harapan mampu menyelesaikan permasalahan penanganan Covid -19 dan mempercepat pengambil langkah –langkah kebijakan srategis. 

Terkait pembentukan Satgas di level bawah ini, Dandim 1015 Sampit menyebut harus dilakukan. Dia menilai Satgas dibutuhkan hingga level terendah untuk mempermudah penanganan. “Sehingga pelaksanaan penanganan menjadi efektif, efisien dan tepat sasaran,” imbuhnya.

Sedangkan untuk struktur organisasinya Satgas di RT/RW setidaknya berisi 7 orang. Yakni satu ketua, satu bendahara, satu Sekretaris dan 4 seksi. Yakni seksi komunikasi informasi dan edukasi, kesejahteraan sosial, kesehatan, serta penegakan hukum dan pendisiplinan.

“Untuk ketuanya jika ditingkat Kecamatan itu Camat sedangkan ditingkat RT ya ketua RT,” tambahnya. Sementara itu, Camat Mentawa Baru Ketapang Sutimin meminta dalam pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat bawah tidak hanya dari Sipil. Hal ini agar lebih efektif dalam penerapannya seperti mengimbau masyarakat.

“Kami bermohon untuk Satgas tingkat Kecamatan ini  Kapolsek dan Danramil yang menjadi wakil ketua,” tuturnya. Dirinya juga mengungkapkan bahwa selama ini sebenarnya untuk tingkat RT dan RW ikut bergerak dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

“Dari tahun 2020,RT/RW sudah bergerak dengan suka rela,” ungkapnya. Namun saat ini yang menjadi kendala dalam pembentukan Satgas Covid-19 di Tingkat bawah ini adalah anggaran yang tidak tersedia di Kecamatan. 

Sehingga dirinya kedepan meminta kepada pihak ketiga untuk membantu. “Ya kita minta bantuan kepada pihak ketiga yang sifatnya tidak terikat secara sukarela untuk membeli perlengkapan, padanya di Kecamatan belum tersedia,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com)

The post Ini Hasil Rapat Persiapan Pembentukan Satgas Covid-19 Kecamatan Sampai RT appeared first on Mata Kalteng.

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: