Ini Cara Pencegahan Penyebaran Varian Baru Covid-19 Omicron

Ini Cara Pencegahan Penyebaran Varian Baru Covid-19 Omicron

SAMPIT – Saat ini muncul varian baru virus Corona, yakni B.1.1.529 atau Omicron. Virus ini pertama ditemukan di Afrika Selatan. Terkait hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta kepada masyarakat untuk tidak panik. 

“Masyarakat jangan keburu panik dulu, yang penting kita tetap disiplin protokol kesehatan,”  kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi, Rabu 1 Desember 2021.

Lanjutnya, berdasarkan informasi yang diperoleh, varian baru tersebut telah ada di Indonesia. Masyarakat tetap diminta menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak saat di tempat keramaian. Hal itu lantaran penyebaran varian Omicron sama seperti Covid-19 yaitu melalui droplet.

“Karena sistem penularannya sama, pencegahannya juga sama. Semoga varian baru tidak masuk Kotim, ayo kita cegah bersama,” ajaknya. 

Varian Omicron diprediksi bisa menyebabkan peningkatan penularan hingga 500 persen atau menyebar 10 sampai 40 orang. Berbeda dengan varian Delta, hanya memiliki tingkatan penyebaran 6 sampai 8 orang.

(dev/matakalteng.com)

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: