Ini Cara Membedakan e-KTP Palsu dan Asli

Ini Cara Membedakan e-KTP Palsu dan Asli

SAMPIT – Banyaknya ditemukan kasus pemalsuan indentitas kependudukan atau Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) sudah meresahkan masyarakat. Pasalnya untuk membedakan antara asli dan palsu terbilang cukup sulit.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotim, Agus Tripurna Tangkasia mengatakan, ada beberapa cara untuk membedakan yang asli dan palsu namun untuk dapat melakukan itu kita harus jeli.

“Untuk membedakannya pertama kita harus jeli dulu, kebanyakan bahannya dari e-KTP bekas terbilang susah karena cetakannya dan ketebalannya hampir sama,” katanya, Kamis 10 September 2020.

Namun ada beberapa perbedaan yang mencolok, diantaranya dilihat dari warna e-KTP nya yang kurang cerah dan sedikit buram karena cetakan dari printer biasa, e-KTP palsu menggunakan plastik biasa yang ukurannya lebih tebal dan kaku pada lapisan depan. Sedang yang asli menggunakan film yang lebih tipis dan lemah. Selain itu dokumen yang dipalsukan jika dicek registernya tidak muncul.

“Kalau palsu itu saat dicek registernya tidak muncul keterangannya,” terang Agus Tripurna T.

Dengan beberapa perbedaan tersebut masyarakat dapat mengetahui e-KTP asli dan palsu yang mereka gunakan selama ini.

Pasalnya selama ini masih sering dijumpai adanya e-KTP palsu di Kotim dan pengguna pun tidak mengetahui lantaran sebagian masyarakat terutama masyarakat biasa tidak tahu cara membedakan asli dan palsu.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: