Ini Ancaman Bagi ASN yang Melanggar Hukum

Ini Ancaman Bagi ASN yang Melanggar Hukum

SAMPIT – Akhir-akhir ini banyak kasus tindak pidana yang dilakukan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Seperti kasus E-KTP palsu serta penipuan alat mesin pertanian.

Hal ini pun memperoleh tanggapan dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotim Alang Arianto. Dirinya menyebut untuk kasus tindak pidana yang dilakukan oleh oknum PNS ini akan segera dilakukan tindakan administratif jika benar terbukti salah.

“Kalau si oknum ditahan oleh pihak berwajib maka kita akan berhentikan sementara sambil menunggu proses pengadilan,” katanya, Jumat 2 Oktober 2020.

Lanjut Alang, jika oknum tersebut dijatuhi hukaman lebih dari dua tahun penjara oleh pengadilan maka akan diberhentikan. Berbeda dengan oknum PNS yang melakukan tindak pidana korupsi setelah satu hari putusan pengadilan, maka oknum akan langsung dipecat atau dikeluarkan secara tidak hormat.

Sehingga terkait kasus tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh oknum PNS tersebut saat ini menunggu keputusan pengadilan, selanjutnya baru dilakukan proses administratif kepada mereka. “Makanya kita tunggu dulu apa putusan pengadilan, Kalau benar diatas dua tahun ya sesuai dengan aturan yang ada ,” tutupnya.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: