Hasil Panen Padi Melebihi Kebutuhan, Masyarakat Kotim Diminta Tak Perlu Khawatir

Hasil Panen Padi Melebihi Kebutuhan, Masyarakat Kotim Diminta Tak Perlu Khawatir

JMY/BERITA SAMPIT – Kasi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur, M. Kasim saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 30 April 2020 siang.

SAMPIT – Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kini sudah memastikan bahwa hasil panen padi pada 17 kecamatan menurut data 2019 mengalami surplus. Target hasil panen padi melebihi dari yang dibutuhkan oleh masyarakat Kotim per tahunnya.

Kasi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kotim, M Kasim mengatakan, bahwa pada 2019 hasil panen padi di Kotim mencukupi, malah terdapat surplus.

“Melihat dari luasan lahan pertanian yang terus bertambah maka di tahun 2020 ini pun diperkirakan hampir sama dengan tahun 2019 lalu hasil panennya. Hasil beras di Kotim sebanyak 39,38 ton, sedangkan kebutuhan beras di Kotim 38,842 ton dan rata-rata satu orang per kapita per tahun sekitar 87 kilo. Itu karena pangan sudah termasuk sayur dan buah,” jelasnya.

BACA JUGA:   Cegah Covid-19, Taksi Penyeberangan Desa Babirah Disemprot Disinfektan

Sehingga hal tersebut masih lebih dari konsumsi masyarakat. Dan dari informasi dilapangan pun sebagian petani ada yang menjual hasil panennya ke tengkulak dan ada juga yang menjual ke luar daerah. Namun dipastikan kebutuhan beras untuk wilayah Kotim akan aman.

M. Kasim juga mengatakan, hasil panen tersebut tersebar dari berbagai sentral pertanian yang ada di 17 Kecamatan di Kotim.

BACA JUGA:   Tujuh Kecamatan di Kotim Bebas Covid-19

“Diperkirakan hasil panen tahun ini pun tidak jauh berbeda dari tahun 2019. Sejak Januari lalu hingga sekarang musim panen terus berjalan, diperkirakan musim panen ini sampai dengan Agustus hingga September nanti,” ujarnya.

Saat ini musim panen tengah berlangsung di sejumlah daerah Hilir Kotim. Sedangkan untuk daerah Kecamatan Kota Besi dan MB Ketapang sudah selesai musim panen.

“Untuk itu masyarakat Kotim tidak perlu khawatir, karena hasil panen padi dan beras di Kotim ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kotim,” tutupnya. (Jmy/beritasampit.co.id).

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: