Dua Pelaku Pencuri Sarang Walet Berhasil Diamankan, Satu Masih DPO

Dua Pelaku Pencuri Sarang Walet Berhasil Diamankan, Satu Masih DPO

PELAKU: IST/BERITASAMPIT – Kondisi 2 orang pelaku pencurian sarang walet dalam keadaan tangan terborgol saat diamankan jajaran kepolisian.

KASONGAN – Anggota Polsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan beserta anggota unit Reskrim Polres Katingan yang dipimpin oleh Kapolsek Ipda Suwardi telah berhasil mengamankan 2 orang komplotan pencurian sarang burung walet yang sebelumnya melarikan diri.

Percobaan pencurian tersebut, di Gedung Walet milik Endang di jalan Tehang Lama Simpang perhubungan Desa Hapalam, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabuapten Katingan, Minggu 5 April 2020, sekira pukul 22.00 WIB.

2 orang pelaku yang diamankan, yaitu Yayan (28) warga Desa Tewang Rangkang, dan serta Diko (43) warga Desa Jagkit Kecamatan Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas. Namun satu rekannya bernisial KD masih dalam pengejaran kepolisian dan ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah SIK, melalui Kapolsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Suwardi, menjelaskan bahwa sebelumnya, rekannya Jani (40) warga Samba Katung, Kecamatan Katingan Tengah terlebih dulu diamankan pihak kepolisian dan dibantu masyarakat.

BACA JUGA:   Serap Aspirasi, Komisi I DPRD Katingan Kunker Dalam Daerah

Pelaku yang satu ini dirawat di RSUD Mas Amsyar Kasongan karena mengalami luka di kepala, luka robek di dada, luka tungkai bawah sebelah kanan, dan patah kaki kanan setelah dihakimi warga.

“Tiga orang  pelaku yang kabur sebelumnya, dua orang berhasil diamankan oleh tim gabungan Polsek Tewang Sangalang Garing dan Jatanras Polres Katingan yaitu atas nama Yayan dan Diko. Sedangkan satunya berinisial KD masih dalam pengejaran petugas,” jelas Kapolsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Suwardi, melalui rilisnya Selasa 7 April 2020.

Perlu diketahui, kejadian sebelumnya, saat pelaku (Jani) bersama rekannya mendatangi rumah penunggu gedung walet milik Endang yaitu mambau alias mama hendra (korban), dengan mengetok/menggedor pintu serta menyuruh pemilik pondok membuka pintu dan keluar rumah.

BACA JUGA:   Dua Budak Sabu Lintas Daerah Diamankan Polisi di Km 38 Tjilik Riwut

Namun hal itu tidak dihiraukan korban, sehingga para pelaku berpindah mendatangi pondok Darsono. Namun juga karena banyak anjing sehingga para pelaku tidak jadi dan berusaha melarikan diri ke arah Pendahara.

Ketika dari arah Pendahara berpapasan dengan keluarga korban atau pelapor yang telah di hubungi pelapor sebelumnya, dan salah satu pelaku terjatuh dari kendaraan dan bersembunyi di semak-semak.

Setelah dicari masyarakat beserta anggota kepolisian dari Polsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan maka pelaku Jani ditemukan dan sempat memberikan perlawanan, namun berhasil diamankan setelah mengalami luka karena dihakimi warga. (Annas/beritasampit.co.id).

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2020 Sampit