DPRD Harapkan Pemkab Kotim Angkat Potensi Perempuan Adat Di Momentum Hari Jadi

DPRD Harapkan Pemkab Kotim Angkat Potensi Perempuan Adat Di Momentum Hari Jadi

Foto: Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Hj.Darmawati saat diwawancarai, di Sampit, Sabtu (8/1/2022)(ZONAKALTENG/Sudarmo).

ZONAKALTENG, Sampit-DPRD Kotawaringin Timur mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mengangkat potensi perempuan adat di momentum Hari Jadi ke 69.

“Kita mengharapkan pemkab mengangkat potensi perempuan adat dalam menjaga keberlangsungan tradisi, kepemilikan wilayah adat, pelestarian lingkungan dan lainnya,” kata anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Hj.Darmawati, di Sampit, Sabtu, 8 Januari 2022.

Dikatakannya, hal itu mengingat, perempuan memiliki peran sosial yang jauh lebih besar terutama dalam menjaga keberlangsungan tradisi, kepemilikan wilayah adat, pelestarian lingkungan.

Untuk itu, melalui momentum Hari Jadi kabupaten ini, diharapkan Pemkab Kotim mengangkat beragam potensi perempuan adat di daerah setempat.

Karena kata politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Kotim ini, menilai kondisi perempuan adat di Kotim ini masih banyak mengalami ketimpangan lantaran masih minim pemahaman maupun Sumber Daya Manusia (SDM)nya.

Menurut dia, salah satu hal yang membuktikan ketimpangan ini adalah minimnya partisipasi perempuan dalam ranah publik dan politik.

Oleh karena itu Pemerintah Daerah (Pemda) harus melakukan berbagai upaya untuk mengangkat potensi perempuan adat yang dimulai dengan pengurusan administrasi kependudukan, peningkatan akses kesehatan, pendidikan dan membangun sarana dan prasarana yang ramah bagi perempuan adat di daerah ini.

Disisi lain legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) III ini mengharapkan dari keberagaman silsilah maupun tradisi dan budaya di masing-masing wilayah, tentunya kaum perempuan di Kotim mempunyai hak dan tanggungjawab dalam mengimplementasikan berbagai skil, kemampuan yang dimilikinya.

“Jangan sampai nasib kaum perempuan di Kotim ini justru hanya kebanyakan menjadi penonton, kita ingin para wanita di Kotim ini bisa menjadi motor penggerak bagi kaum perempuan dimanapun, baik itu dari sisi menjaga eksistensi adat istiadat kita, maupun menjadi acuan bagi masyarakat lainnya dalam hal menjaga stabilitas keamanan, Politik, dan juga ekonomi dan sosial,” tutupnya.(SDM/A1).

 

Berita DPRD Harapkan Pemkab Kotim Angkat Potensi Perempuan Adat Di Momentum Hari Jadi ini agregasi dari:
https://www.zonakalteng.co.id/2022/01/08/dprd-harapkan-pemkab-kotim-angkat-potensi-perempuan-adat-di-momentum-hari-jadi/.

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: