DPD HIMTANI Kalteng akan Dorong Agribisnis dan Agrowisata di Seluruh Daerah

DPD HIMTANI Kalteng akan Dorong Agribisnis dan Agrowisata di Seluruh Daerah

INTIMNEWS.COM, PALANGKA RAYA – DPD (Dewan Pengurus Daerah) HIMTANI Himpunan Masyarakat Tani dan Nelayan) Kalimantan Tengah periode 2021-2026 memiliki program dan agenda untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

Hal ini disampaikan oleh ketua DPD HIMTANI Kalteng, Drs. H. Nurul Edy, M.Si. Ia menjelaskan bahwa program-program untuk meningkatkan kemajuan pertanian, nelayan, maupun peternakan akan disusun dalam waktu dekat.

Sembari penyusunan program tersebut, DPD HIMTANI Kalteng juga akan membentuk serta mengkonsolidasikan HIMTANI di setiap Kabupaten/Kota.

“Untuk petani, kita akan mendorong mereka untuk mampu untuk bisa memberikan kesejahteraan kepada mereka dengan kemampuan agribisnis, misalnya petani tambak ikan, dia juga bisa dengan kita latih untuk bisa menghasilkan produk-produk hasil olahan ikan yang berbagai macam jenisnya,” terang Nurul Edy.

Melalui HIMTANI, ada bidang koperasi dan UMKM yang mana dimaksimalkan untuk membantu para petani mengarahkan hasil tani atau nelayannya menjadi produk jadi.

HIMTANI Kalteng juga akan memiliki program untuk meningkatkan minat bertani bagi para pemuda.

“Kami akan ke Kabupaten/Kota dan dinas teknis terkait, dulu saat Kalteng ditetapkan jadi lokasi Food Estate sudah didata mengenai upaya untuk menciptakan petani milenial,” ucap Nurul Edy.

“Tinggal kita koordinasikan dengan dinas yang lain untuk ikut serta dalam memaksimalkan ini semua, ada Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Perdagangan dan yang lainnya,” sambungnya.

Dikatakan bahwa ini semua juga untuk mendukung program Gubernur Sugianto Sabran untuk mewujudkan Kalimantan Tengah mandiri pangan.

Selain itu, DPD HIMTANI juga tertantang untuk menciptakan agrowisata di Kabupaten/Kota yang ada di Kalteng.

“Kami tertantang untuk mewujudkan Agrowisata di Kalteng, potensi kita misalnya di Ujung Pandaran ataupun Pantai Bakau Seruyan itu juga ga kalah di bidang pertanian, itu sebabnya nanti akan kita koordinasikan,” terang Nurul Edy.

Upaya untuk menjadikan pertanian sebagai tujuan wisata merupakan sebuah program yang bisa dikolaborasikan dengan kearifan lokal.

“Misalnya bagaimana cara orang Dayak bertani itu bisa menjadi sebuah wisata, jadi orang datang ke Kalteng bisa sekalian melihat proses masyarakat bertani, untuk tidak lupa juga,” tuturnya.

Program-progam ini semua akan dijakanlan DPD HIMTANI Kalteng untuk membantu kesejahteraan petani, nelayan dan peternak yang ada.

Editor: Andrian

Berita DPD HIMTANI Kalteng akan Dorong Agribisnis dan Agrowisata di Seluruh Daerah ini agregasi dari:
https://www.intimnews.com/dpd-himtani-kalteng-akan-dorong-agribisnis-dan-agrowisata-di-seluruh-daerah/.

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: