Ditanya solusi masalah infrastruktur pelosok, ini jawaban Halikinnor

Ditanya solusi masalah infrastruktur pelosok, ini jawaban Halikinnor

Sampit (ANTARA) – Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Halikinnor mengaku sudah mempunyai cara untuk mengatasi masalah infrastruktur di perdesaan, setidaknya agar jalan tetap selalu bisa fungsional.

“Menurut saya, perlu pengadaan alat berat untuk setiap kecamatan sehingga bisa digunakan untuk merawat jalan sehingga tidak sampai rusak parah, meski saat musim hujan,” kata Halikinnor, Jumat.

Pria yang maju menjadi calon Bupati Kotawaringin Timur berpasangan dengan Irawati ini mengakui, saat ini kondisi jalan di kawasan pelosok sebagian masih berupa jalan tanah atau belum beraspal. Saat musim hujan, tanah menjadi labil sehingga membuat kendaraan sering ambles.

Pengadaan alat berat tersebut, menurutnya, menjadi solusi terbaik saat ini. Seraya menunggu peningkatan jalan menjadi jalan aspal, pemerintah kecamatan bisa tetap merawat jalan tanah yang ada agar selalu fungsional, termasuk saat musim hujan.

Peningkatan infrastruktur memang masih menjadi harapan terbesar masyarakat, khususnya di kawasan pelosok. Tidak hanya itu, jalan-jalan permukiman di Kota Sampit juga masih membutuhkan penanganan.

Baca juga:

Terkait anggaran untuk pengadaan alat berat di kecamatan luar kota tersebut, Halikinnor mengaku sudah ada solusinya. Sebagai orang yang pernah menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah, dia bisa dengan mudah menghitung kebutuhan anggaran dan memperkirakan jalan untuk mendapatkan dana tersebut.

Keberadaan alat berat nanti juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya seperti membersihkan dan menyiapkan lahan pertanian. Untuk operasionalnya bisa diatur oleh pemerintah kecamatan masing-masing.

“Kita harus memaksimalkan potensi yang ada di tengah keterbatasan kita. Saya yakin kerja keras akan membuahkan hasil menggembirakan. Pengadaan alat berat untuk kawasan pelosok akan membawa manfaat besar,” ujar Halikinnor.

Halikinnor menilai Kotawaringin Timur memiliki potensi besar untuk lebih maju lagi. Peningkatan sumber daya manusia harus terus digenjot untuk memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam yang ada agar membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Baca juga:

Baca juga:

Sumber: ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: