Dinas Perikanan Kotim Wacanakan Bangun Tandon Jumbo, Begini Penjelasannya

Dinas Perikanan Kotim Wacanakan Bangun Tandon Jumbo, Begini Penjelasannya

SAMPIT – Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mewacanakan akan membangun tandon jumbo. Tujuannya, menampung air skala besar untuk dialirkan ke kolam-kolam ikan.

“Salah satu progres Dinas Perikanan Kotim untuk 2021, pembuatan penampungan air (tandon) jumbo untuk dialirkan ke kolam-kolam ikan,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto melalui Sekretaris H Jumberi saat ditemui wartawan media siber beritasampit.co.id, diruang kerjanya, Kamis 8 April 2021.

Tandon jumbo itu, lanjutnya, akan dipusatkan di UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar (PBAT) yang terletak di Bagendang Hulu, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kotim, Kalteng.

“Pembangunan tandon itu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang perikanan swakelola padat karya dan akan di lelang karena nilainya di atas Rp 200 juta,” kata Jumberi yang juga pernah menjabat sebagai Camat Pulau Hanaut ini.

Lebih jauh Jumberi menjelaskan, mengenai air tawar yang akan diisikan ke dalam tandon tersebut, pihaknya mengandalkan aliran sungai mentaya.

Namun sebelum dialirkan ke kolam-kolam ikan, tambahnya, air tersebut sudah dilakukan dinetralkan agar ikan tidak mati.

(ifin/beritasampit.co.id)

.fb-background-color {
background: !important;
}
.fb_iframe_widget_fluid_desktop iframe {
width: 100% !important;
}

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: