Didukung OKP, Endra Rosana Maju jadi Calon Ketua KNPI Kalteng

Didukung OKP, Endra Rosana Maju jadi Calon Ketua KNPI Kalteng

SAMPIT – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Endra Rosana mendeklarasikan diri siap maju dalam kontestasi Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Provinsi Kalimantan Tengah mendatang ini.

Endra yang didampingi Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kotawaringin Timur Rahmad Ipandi dan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kotawaringin Timur Achmad Julianto, menyampaikan keseriusannya untuk bersaing memperebutkan kursi Ketua KNPI Kalimantan Tengah pada 9 Desember nanti di Palangka Raya.

Optimismenya tersebut terlihat dari aktivis murni dengan latar belakang organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Nahdlatul Ulama (NU) ini.

Endra juga merupakan Ketua Banser Kotawaringin Timur. Pada masa kuliahnya ia pernah menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Unda Sampit.

Ditambahkan Endra, visi-misi yang ia sampaikan tersebut tentunya harus dilakukan dengan aksi nyata dan bersama-sama. Ia meyakini semua bisa diwujudkan dengan membangun kerja sama dengan melibatkan semua pihak.

“Dalam hal ini saya selaku Ketua, baik itu secara pribadi dan kelembagaan bersepakat dengan teman-teman di Kotim mengusung kader khususnya saya sendiri untuk menjadi calon Ketua DPD KNPI Provinsi Kalimantan Tengah Periode 2021-2024,” katanya, di Sampit. Jumat 3 Desember 2021.

Deklarasi diri majunya Ketua KNPI Kotim dua periode 2016-2019 dan 2019-2022 itu dilakukan di hotel Pondok Family. Ia menjabarkan visi “berkah bersama pemuda membangun Kalimantan Tengah”.

Berkah di jabarkan Endra, dalam rangka
misi yang dibawa adalah untuk berbenah tata kelola prganisasi, sebagai organisasi kepemudaan di Kalimantan Tengah khususnya KNPI menjadi pilar percontohan bagi OKP yang bernaung di bawahnya nya.

Sehingga perlu adanya pembenahan yang diharapkan bisa menjadi spirit kepemudaan untuk perbaikan yang lebih baik lagi.

Misi kedua adalah Ekonomi Pemuda Yang Kuat, disituasi pandemi sekarang perlu adanya pemulihan ekonomi nasional, hal itu tentunya selaras dengan program pemerintah. Dengan misi itu tumbuh ekonomi-ekonomi yang sekiranya UKM-UKM pemuda kedepannya bisa menumbuhkan kemandirian pemuda.

Rumah Laboratorium Pemuda, KNPI kedepannya harus menjadi salah satu wadah berhimpunya OKP dan pemuda, sehinga kita menciptakan kader-kader pemimpin kedepannya.

“Terbukti kader KNPI banyak sudah menjadi kepala daerah dan menjadi menteri, dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi presiden dan wakil presiden sampai kejenjang tingkat terbawah menjadi Kepala Desa dan sebagainya banyak berasal dari KNPI. Sehingga kita berharap dengan adanya rumah Pemuda ini KNPI bisa menjadi wadah untuk menciptakan para pemimpin,” jelasnya.

Kolaborasi Lintas Stakeholder, kedepan dengan apa yang ia sampaikan saat ini bahwa visi-misinya. Kolaborasi Lintas Stakeholder sangat dibutuhkan karena bergerak tidak bisa sendiri.

“Seperti filosofi sapu lidi, kalau dia bergerak sendiri tidak bisa membersihkan tempat yang kotor. Sehingga perlu adanya sebuah kebersamaan, kesepahaman sehingga pentingnya kolaborasi lintas stakeholder begitu juga yang terlibat dalam KNPI,” sampainya.

Selain itu ada misi aksi nyata, aksi nyata dalam tindakan terhadap situasi sosial di tengah masyarakat. Kedepannya apabila saya di percaya.

“Saya akan membawa organisasi KNPI mendekatkan diri dengan masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah. Ketika ada musibah apapun maka KNPI akan hadir di tengah-tengah masyarakat,”lanjutnya.

Humanis dalam perbuatan, organisasi KNPI terdiri dari kumpulan-kumpulan pemuda yang memang orang hebat di dalamnya dan ia meyakini, setelah ia diberikan kepercayaan akan membuat dan memperbaiki sikap-sikap santun, ramah. Sopan terhadap semua pihak baik dengan pemerintah daerah dengan persahabatan dan sebagainya.

“Yang menjadi visi misi saya itu bagaimana kedepannya Pemuda Kalimantan Tengah akan ajak secara bersama-sama menjadi Pemuda yang membangun,” bebernya.

“KNPI Kalimantan Tengah milik kita semua, termasuk kita yang ada di kabupaten. Makanya saya siap memimpin dan memajukan KNPI dan pemuda Kalimantan Tengah,” tambah Endra.

(im/beritasampit.co.id).

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: