Di Kotim Bikin Paspor Bisa dalam Mobil

Di Kotim Bikin Paspor Bisa dalam Mobil

SAMPIT – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, membuat terobosan baru dalam memberikan kemudahan pelayanan pembuatan dokumen keimigrasian.

Yakni dengan meresmikan ruang pelayanan yang lebih luas dan nyaman, serta menambahkan 17 inovasi pelayanan keimigrasian.

Menariknya lagi dari inovasi pelayanan berbasis teknologi tersebut, masyarakat juga tidak lagi disibukan dengan harus mengantre untuk membuat paspor.

Cukup berada di dalam mobil juga bisa membuat paspor, yakni melalui Layanan Tanpa Turun/Drive Thru atau yang dinamakan inovasi Lantatur.

“Sangat pas sekali, dengan inovasi ini kita ambil hikmahnya juga dari pandemi yang melanda kita saat ini. Apa lagi inovasi ini membuat terobosan baru seperti dari dalam mobil saja bisa membuat paspor, ini luar biasa,”kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, saat menghadiri acara peresmian ruang layanan dan inovasi layanan keimigrasian, di kantor Imigrasi Klas II TPI Sampit, Selasa 14 September 2021.

Sebagai Kepala Daerah, Ia pun memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya dengan terobosan baru yang dilakukan Kantor Imigrasi Sampit, dalam menjawab tantangan di era globalisasi ini.

“Apa yang dilakukan Imigrasi Sampit, bisa menjadi contoh kita Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pelayanan kemasyarakatan, salah satunya seperti pelayanan Dokumen Kependudukan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Klas II TPI Sampit, Bugie Kurniawan mengatakan apa yang dilakukan jajarannya yakni berusaha mewujudkan perbaikan yang tiada henti bari dari sarana dan prasarana, sumber daya manusia yang menyelenggarakan pelayanan.

“Perubahan pola mindset (pola pikir) sebagai Aparatur Sipil Negara, yang notabene memberikan pelayanan kemasyarakatan, sangat diperlukan wujud reformasi birokrasi guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah,” ujarnya

“Pelanggan yang puas dengan pelayanan yang diberikan adalah strategi bisnis yang baik,” lanjutnya.

Kantor Imigrasi Sampit berupaya membuat terobosan yang memudahkan penguna maupun pemohon untuk mendapatkan layanan keimigrasian.

17 inovasi keimigrasian tersebut terdiri dari 3 cluster besar, yakni 11 inovasi merupakan layanan berbasis teknologi informasi diantaranya Whatsapp Gateway, live chat karsa, cek NIK karsa, Scan karsa, Sapa karsa (silahlan ambil paspor anda), Notif karsa, Spider (stay permit reminder), Digebook karsa (digital guest book), Sipandan karsa (survei pegawai teladan), Kasa bertaji ( berita tajuk imigrasi) dan potensi karsa (penilaian online petugas pelayanan.

Kemudian 3 inovasi pada peningkatan sarana dan prasarana, yakni Lantatur (layanan tanpa turun/drive thru), Karsa guide book with multiple language dan Jelawat (jembatani layanan waktu istirahat).

Sedangkan 3 inovasi lainnya yakni layanan jemput bola, seperti layanan karsa mandau (layani anda dimana pun), Tabe Selamat (datang berkunjung sekaligus melaksanakan layanan izin tunggal) dan pekan imigrasi.

“Bahkan dihari libur seperti Sabtu dan Minggu, Kantor Imigrasi Sampit juga bisa memberikan pelayanan keimigrasian,” imbuhnya.

Bugie berharap, dengan adanya langkah kerja nyata meningkatkan indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja penyelenggara pelayanan publik pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, khususnya Kantor Imigrasi Klas II TPI Sampit, bisa selalu amanah dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat.

Dalam peresmian ruang pelayanan dan inovasi keimigrasian tersebut, dihadiri langsung Kakanwil Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Tengah Ilham Djaya, Perwakilan Ombudsman Kalteng, Forkopimda serta SOPD dilingkungan pemkab Kotim.

(Cha/beritasampit.co.id)

.fb-background-color {
background: !important;
}
.fb_iframe_widget_fluid_desktop iframe {
width: 100% !important;
}

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: