Danrem 102/Panju Panjung Pimpin Upacara Penutupan TMMD ke 109

Danrem 102/Panju Panjung Pimpin Upacara Penutupan TMMD ke 109

SAMPIT – Penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) secara langsung dipimpin Danrem 102/Panju Panjung Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto, bertempat di Aula Makodim 1015/Spt Jalan MT. Haryono Nomor 56 Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu 21 Oktober 2020.

TMMD ke 109 Kodim 1015/Sampit secara resmi ditutup langsung oleh Danrem 102/Panju Panjung Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto, bersama Forkompinda Kabupaten Kotim, turut hadir Bupati Kotim, Supian Hadi, serta tamu undangan lainnya.

Dalam penutupan TMMD diikuti oleh TNI, Polri, Forkopida, pelajar, Satpol PP, Setkom, Perhutani,  Siswa Siswi, Toga Tomas dan sejumlah unsur organisasi masyarakat.

Komandan Kodim (Dandim) 1015/Spt, Letkol CZI Akhmad Safari memaparkan, bahwa sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan dalam TMMD ke 109 Kodim 1015/Sampit Tahun Anggaran 2020 ini telah usai.

Adapun kegiatanya dalam dua kategori, fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik meliputi Jembatan Handil Gayam Uk’ P 15,30 M x L 3,80 M RT 11/RW 4 Desa Bapinang Hilir, Kecamatan Pulau Hanaut, Sasaran Jembatan Handil Samsu Uk’ P 42 M x L 3,80 M RT 12/RW 4 Desa Bapinang Hilir, Kecamatan Pulau Hanaut dan Sasaran Jembatan Sie Babirah Uk’ P 42 M x L 3,80 M RT 07/RW 03 Desa Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut, serta merenovasi kembali Musala Al Hidayah Uk’ P 6,50 M X P 6,50 M.

BACA JUGA:   Tim Jurnalis TMMD Rekap Publikasi Media

“Sedangkan kegiatan non fisik meliputi, dilaksanakan dalam bentuk anjangsana,penyuluhan dan pelayanan kepada masyarakat Desa dengan materi sebagai berikut Penyuluhan Wawasan kebangsaan dan Bela Negara, ​Penyuluhan covid dan Protokol Kesehatan, penyuluhan Narkoba,pelayanan Kesehatan dan Pengobatan Gratis,” tutur Akhmad Safari.

Danrem 102/Panju Panjung Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto mengucapkan terimakasih kepada Kodim 1015/Sampit yang terus aktif turut serta membantu melaksanakan kegiatan pembangunan melalui program TMMD  Desa Bapinang Hilir dan Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto berharap semua warga Desa Bapinang Hilir dan Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut bisa menyukseskan TMMD.

“TMMD merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama masyarakat kuat ikut peran aktif sangat mendukung dan akan terus memfasilitasi dalam penyelenggaraannya telah terlaksanakan dengan sukses, Saya berpesan agar TMMD ini adanya kebersamaan semua unsur lainnya,” kata Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto

Sementara itu, Letkol CZI Akhmad Safari mengaku pelaksanaan TMMD di Desa Bapinang Hilir dan Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut ini  sangat tepat mengingat desa ini berada di daerah pinggiran sungai. Adanya TMMD ke 109 Kodim 1015/Sampit tentu sangat membantu, Pemkab Kotim dalam meningkatkan infrastruktur kelancaran dalam perekonomian semakin bertambah.

“Dengan terbantunya program kegiatan ini masyarakat merasa bangga awalnya jalannya nggak bisa dilewati selesainya kegiatan ini, sekarang masyarakat bisa melaluinya, juga bisa menambahkan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Letkol CZI Akhmad Safari.

BACA JUGA:   Satgas TMMD Andalkan Gerobak Untuk Angkut Material Perbaikan Jembatan

“Adapun kegiatanya berjalan lancar dan  hasilnya bisa dinikmati masyarakat luas,” lanjut Letkol CZI Akhmad Safari.

Akhmad Safari menjelaskan, bahwa awalnya memilih Desa Bapinang Hilir dan Babirah Kecamatan Pulau Hanaut sebagai lokasi TMMD ke 109 Kodim 1015/Sampit, karena melihat akses warga yang begitu sulit atau prihatin karena jalan.

“Awalnya belum bisa diakses, allhamdulilah sekarang sudah bisa dilewati semoga bisa menambah kelancaran perekonomian,” ujarnya.

Program TMMD ini mulai dari jembatan, mengingat ini sangat penting bagi masyarakat agar bisa memperlancar akses perekonomian warga dan sekitarnya. Letkol CZI Akhmad Safari juga pesan, adanya kegiatan TMMD ini nanti bisa dirasakan masyarakat setempat, baik dari segi fisik dan non fisik, sehingga mampu memperlancar roda perekonimanya. Ia berharap apa yang telah dikerjakan di TMMD ini nanti bisa benar-benar dirasakan masyarakat dan warga sekitarnya.

“Adanya kegiatan TMMD Kodim 1015/Sampit ini, dilakukan selama kurang lebih satu bulan dengan melibatkan, TNI, dan masyarakat setempat ikut berperan aktif untuk.mewujudkan desa yang lebih maju,” pungkas Letkol CZI Akhmad Safari. (Rls/beritasampit.co.id).

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: