Daftar Pemilih Sementara di Pilkada Kotim Menurun

Daftar Pemilih Sementara di Pilkada Kotim Menurun

SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dalam rapat pleno terbuka.

Siti Fatonah Ketua KPU Kotim mengatakan jumlah total DPS pemilihan kepala daerah tahun 2020 sebanyak 261.403 jiwa yang tersebar di 17 Kecamatan 185 Desa. Rincian jumlah tersebut diperoleh dari penambahan jumlah DPS jenis kelamin perempuan sebanyak 127.287 jiwa dan Laki-laki sebanyak 134.116 jiwa.

“Jumlah total DPS hari ini ada sebanyak 261.403 jiwa itu dari 17 Kecamatan yang ada. Nanti setelah rapat pleno ini kita akan uji publik,” terangnya, Sabtu 12 September 2020. Siti Fatonah menjelaskan uji Publik itu sendiri salurkan dengan tujuan untuk mendapatkan masukan masyarakat serta untuk mengetahui apakah masih ada masyarakat yang belum terdaftar dan perubahan data.

Disinggung terkait jumlah DPS untuk Pilkada tahun ini, Siti Fatonah mengatakan terdapat penurunan jumlah. Diketahui untuk daftar pemilih tetap (DPT) tahun sebelumnya 274.189 jiwa. Jika ditotal dengan jumlah DPS tahun ini mengalami penurunan sebanyak 12.786 jiwa.

“Tapi ini masih plus minus, kalau hasil Coklit banyak yang pindah dan sudah meninggal,” katanya. Dirinya menegaskan Pilkada tahun ini pihaknya berusaha menyempurnakan data pemilih mendekati keakuratan. Namun dirinya juga berharap terhadap keaktifan masyarakat, jika memang belum terdaftar dapat segera melapor kepada KPU Kotim atau kepada PPK.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: