Cegah Paham Radikalisme dan Intoleransi, Kapolsek Cempaga Berikan Sosialisasi

Cegah Paham Radikalisme dan Intoleransi, Kapolsek Cempaga Berikan Sosialisasi

– Rendahnya tingkat pendidikan dan permasalahan keadilan serta tingkat kemiskinnan menjadi yang terjadi di masyarakat menjadi salah satu penyebab berkembangnya paham radikalisme dan inteloransi.

Terkait akan hal tersebut, Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Abdoel Harris Jakin, melalui Kapolsek Cempaga Iptu Dwi Susanto, mengatakan, sebagai langkah pencegahan berkembangnya paham tersebut yaitu dengan menambah ilmu pengetahuan umum maupun dari akademisi.

“Tidak hanya itu, Pancasila sebagai dasar terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus terus dipelihara guna memupuk rasa nasionalisme disetiap lini kehidupan masyarakat. Karena didalam Pancasila ini seperti kita ketahui bersama sudah terkandung semua tata cara kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya, Selasa (06/10/2020) pagi.

Ditambahkannya, adanya kesenjangan sosial yang ada dilingkungan masyarakat hendaknya harus diminimalisir secara maksimal. Karena bila ini dibiarkan, juga akan menjadi pemicu berkembangnya paham radikalisme dan intoleransi.

“Kami selaku aparat penegak hukum pada kesempatan ini mengimbau kepada para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat beserta sejumlah tokoh terkait untuk turut berperan aktif dalam mencegah adanya paham tersebut dimasyarakat. Karena pada dasarnya, keutuhan NKRI merupakan tanggungjawab kita bersama,” tegasnya. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: