Cegah Aksi Unjuk Rasa, Polsek Ketapang Sambangi  Industri PT Roti Kalimantan

Cegah Aksi Unjuk Rasa, Polsek Ketapang Sambangi Industri PT Roti Kalimantan

– Polsek Ketapang melaksanakan giat sosialisasi dalam rangka pencegahan aksi unras karyawan dalam menyikapi RUU Cipta Kerja yang disahkan oleh DPR pusat, berlokasi di pabrik roti Kalimantan bertempat di jalan HM Arsyad KM 10, Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah (08/10/2020).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Ketapang, Kasium Polsek Ketapang Berserta Anggota Poksek Ketapang Kompol. Yosep Tortet bersama beberapa Perwira dan Anggo Polsek Ketapang, dimana kegiatan ini adalah untuk melakukan Koordinasi / sosialisasi dalam rangka antisipasi, rencana gelombang Unjuk rasa Pekerja Buruh sehubungan dengan disahkannya RUU Cipta Kerja oleh DPR-RI Pusat.

Hasil dari koordinasi tersebut Pihak Pimpinan PT Roti Kalimantan menerangkan bahwa dilingkungan kerja mereka tidak ada karyawan yang melakukan mogok kerja maupun berencana untuk ikut serta melakukan aksi Unjuk Rasa, semua berjalan lancar karyawan masih berkerja seperti sediakala tidak ada yang terpengaruh isu-isu tentang RUU Cipta Kerja apalagi berencana akan melakukan aksi Unjuk rasa.

Selain melakukan sosialisasi Anggota Polsek Ketapang juga melaksanakan kegiatan operasi Yustisi terkait kepatuhan karyawan melalui protokol kesehatan dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam aktifitas didalam pabrik.

Dalam hal ini Kapolres Kotawaringin Timur Akbp Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Ketapang Kompol Yosep Thomas Tortet menerangkan bahwa dari kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar karyawan tidak turun untuk melakukan unras karena akan menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah besar yang tidak terkendali, sehingga protocol pencegahan penularan Covid-19 tidak bisa dijalankan dan menciptakan kluster baru penularan Covid 19 dilingkungan perusahaan.

Kapolsek menjelaskan bahwa “ pihak perusahaan diminta untuk tidak segan-segan melaporkan ke kantor Polsek Ketapang apabila terdapat tanda awal atau ada terjadinya tindakan intimidasi, kekerasan dan pemaksaan untuk melakukan mogok kerja dan unjuk rasa (aksi sweeping) yang dialami pekerja.

Dalam hal ini pihak Polsek Ketapang akan memberikan perlindungan kepada pekerja dan tindakan tegas terhadap pelanggaran hukum terjadi” tegasnya. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: