Bupati Kotim Minta SOPD Buat Program Sesuai Kebutuhan

Bupati Kotim Minta SOPD Buat Program Sesuai Kebutuhan

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H Supian Hadi meminta kepada seluruh Satuan Perangkat Daerah (SOPD) agar merencanakan setiap program yang benar-benar menjadi kebutuhan warga desa.

Dirinya mengatakan seorang pemimpin yang ingin melakukan pembangunan di suatu wilayah yang dimulai dari desa, menurut Supian pemimpin tersebut harus tahu apa keperluan desa tersebut. Hal itulah yang sering kali di catat oleh dirinya setiap kali melakukan sambang desa, sehingga mengetahui apa yang menjadi prioritas warga desa. 

“Kalau ingin membangun dari desa maka seorang pemimpin pun harus tahu di desa itu apa yang menjadi keperluan mereka sehingga ini menjadi catatan saya setiap saya melakukan sambang desa,” kata Supian,Selasa 10 November 2020. 

Dengan begitu dirinya mengetahui persis apa usulan, aspirasi ataupun keperluan warga desa setempat sehingga hal inilah yang harusnya menjadi program masing-masing SOPD, untuk mendahulukan hal yang memang prioritas. 

“Ini kan mau pembahasan anggaran tahun 2021, saya tahu apa yang diperlukan warga desa, jadi SOPD tidak semena-mena membuat program,” ungkapnya. 

Supian menambahkan SOPD juga harus bisa memprioritaskan program apa yang memang menjadi kebutuhan masyarakat. Hal tersebut bisa dilakukan jika SOPD benar-benar turun langsung ke lapangan dan mengetahui apa yang dikeluhkan masyarakat desa. 

“Dari sambang desa yang saya lakukan, beberapa desa mengatakan belum pernah didatangi pejabat, memang ada yang datang mungkin dari SOPD tapi bukan pimpinannya, bagaimana bisa tahu apa yang dibutuhkan masyarakat kalau tidak pernah turun ke lapangan,” terang Supian. 

Lebih lanjut kata Supian masing-masing SOPD perlu mengetahui program mana yang diperlukan dan tidak diperlukan, dirinya menyebut dengan keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) program yang menjadi prioritaslah yang harus diutamakan. 

“Kalau bicara APBD Rp 10 Triliun mungkin semua bisa dilaksanakan, namun karena terbatas jadi harus pilih-pilih, APBD terbatas sehingga yang urgent dulu yang harus diutamakan,” tutupnya. 

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: