Bupati Kotim Akan Berikan Beasiswa Bagi Guru TK

Bupati Kotim Akan Berikan Beasiswa Bagi Guru TK

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) berencana akan memberikan beasiswa kepada guru taman kanak-kanak (TK) yang hanya lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). “Saya sudah minta dikoordinasikan dengan dinas terkait, nanti kami bantu sepenuhnya satu tahun untuk kuliah,” katanya, Senin 29 November 2021.

Program beasiswa Gerbang Mentaya dinilai masih tidak sesuai kebutuhan mahasiswa. Sebab itu pemerintah berencana akan memberikan beasiswa dengan cara membiayai kebutuhan kuliah selama satu tahun penuh bagi mereka mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi.

“Guru TK yang hanya lulusan SMA juga dapat. Mereka harus kuliah lagi. Uang kuliah kami tanggung. Saya anggarkan Rp 10 juta, langsung kami bayar ke kampus untuk setahun. Ini juga dapat membantu kampus tetap hidup. Sementara untuk kebutuhan sehari-hari atau makan ditanggung mereka sendiri, maka nya di Sampit saja, kalau di wilayah lain harus mengeluarkan dana untuk kos segala,” jelasnya. 

Sementara itu,Sumiati, guru TK di Kota Sampit mengatakan, beasiswa tersebut sangat diperlukan bagi pihaknya. Diungkapkan banyak guru TK yang hanya lulusan SMA, namun tuntutan semakin canggih. “Karena hanya lulusan SMA, jadi kami tidak bisa mengikuti tuntutan itu, sehingga saat mengajar hanya bermain dan menyanyi. Jadi, tingkat pendidikan ini juga mempengaruhi model pembelajaran,” ungkapnya. 

Dirinya pun sangat berharap dengan beasiswa itu, pasalnya untuk menempuh pendidikan lebih tinggi biaya yang diperlukan cukup besar. Sementara gaji yang mereka terima hanya ratusan ribu rupiah. “Semoga beasiswa ini memang ada. Agar kedepan kami dapat memenuhi tuntutan yang semakin canggih itu,” sebutnya.

(dev/matakalteng.com) 

Copyright © 2022 Sampit_ID
%d bloggers like this: