BMKG: April Puncak Musim Hujan, Juli dan Agustus Memasuki Musim Kemarau

BMKG: April Puncak Musim Hujan, Juli dan Agustus Memasuki Musim Kemarau

ISTIMEWA/BERITA SAMPIT – Peta prakiraan curah hujan dan peta sifat hujan dasarian Kalteng 2020.

SAMPIT – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) stasiun bandar udara H Asan Sampit, memperkirakan curah hujan dan sifat hujan di provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) update tanggal 30 Maret 2020.

Bulan April dasarian II sampai Mei Dasarian I 2020 diiprakirakan curah hujan di wilayah Kalteng secara umum berada pada kriteria menengah (50-150 mm). Untuk April dasarian II dan Mei dasarian I wilayah utara diperkirakan memiliki curah hujan yang lebih tinggi dari pada wilayah tengah dan selatan pada kisaran 100-150 mm.

BACA JUGA:   Warga Harap Pemerintah Perbaiki Jalan Rusak, PT Sampit Internasional Salurkan CSR

Sementara, prakiraan sifat hujan bulan April dasarian II sampai Mei dasarian I 2020, sifat hujan di wilayah provinsi Kaltang secara umum berada pada kriteria bawah normal hingga atas normal (51% hingga lebih dari 1.500% dibanding curah hujan normal). Prakiraan sifat hujan pada April dasarian II lebih rendah yakni secara umum berada pada kriteria bawah normal dibanding April dasarian III dan Mei dasarian I.

BACA JUGA:   Akhirnya Taman Kota Sampit Mulai Terang Lagi

Kemudian menurut data BMKG Kotim Bandar Udara H. Asan bulan April merupakan puncak dari musim hujan.

“Menurut data prakiraan musim oleh BMKG wilayah Kotim diprakirakan memasuki musim kemarau pada bulan Juli untuk Kotim bagian tengah dan bulan Agustus untuk Kotim bagian selatan,” ungkap prakirawan BMKG Kotim Alfa Centauri K, S.Tr, Selasa 7 April 2020. (jmy/beritasampit.co.id).

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2020 Sampit