Berburu Kuliner Khas Sumatera Utara di Sampit, Nikmatnya Lontong Medan Pak Suryadi

Berburu Kuliner Khas Sumatera Utara di Sampit, Nikmatnya Lontong Medan Pak Suryadi

SAMPIT – Aneka kuliner di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), semakin beragam. Banyak pelapak kuliner di Sampit berlomba-lomba menyajikan menu-menu khas luar kota. Sebab Sampit, khususnya Kotim yang telah dicanangkan sebagai kota kunjungan wisata oleh pemerintah setempat tentu menjadi persinggahan wisata berbagai latar daerah. Karena itu, kuliner dengan khas dari luar Kota di Sampit selalu memiliki pasar dan penikmatnya sendiri.

Salah satu lapak kuliner luar kota yang wajib disinggahi ialah Warung Lontong Medan. Berada di Jalan Jaya Wijaya 8 Sampit, letaknya tak jauh dari persimpangan Jalan Jaya Wijaya dan Jalan Imam Bonjol, 100 meter ke arah barat. Warung yang di desain ala mini kafe ini menyajikan berbagai menu dan santapan khas Sumatera Utara.

Suryadi, pemilik usaha kuliner ini mengatakan, salah satu menu andalan warung miliknya adalah lontong Medan hingga camilan lainnya, termasuk racikan kopi Medan dengan aroma dan cita rasa khas. Dengan kekhasan menu yang disajikan warung ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Menu andalan bagi pengunjung yang kebanyakan anak muda atau mahasiswa, bahkan pecinta kuliner ini berasal dari beberapa perusahaan perkebunan yang kebetulan saat berada di Kota Sampit.

“Kebanyakan yang datang anak-anak muda, mahasiswa dan penikmat kuliner lainnya yang suka dengan lontong Medan atau kopi khas Medan. Berhubung saat ini sedang pandemi Covid-19, pengunjung dari luar atau orang kebun sedikit berkurang. Tapi setiap hari lumayan ramai,” Suryadi.

Satu-satunya warung kuliner yang menyediakan menu Lontong Medan di Kota Sampit, ke-khas-an lain dari warung ini adalah situasi yang akrab. Seperti yang diungkapkan Redi, pekerja kebun yang kebetulan singgah dan sarapan di warung itu.

“Kalau sarapan di sini kita bisa asik ngobrol apa saja, meski kita nggak kenal dengan pengunjung lain. Suasananya akrab sekali. Itu yang membuat kami sering mampir dan menikmati kelezatan lontong Medan dan racikan kopi Medan di sini,” ungkap Redi, Kamis 21 Januari 2021.

Lontong Medan ini tentu tidak jauh berbeda dengan kuliner sejenisnya yang dijual di Kota Sampit pada umumnya, namun dominasi rempah dari kuliner ini membuat lontong Medan terasa spesial. Warung Makan ini mempunyai menu spesial kesukaan banyak orang yaitu Lontong Sayur atau dikenal sebagai Lontong Sayur Medan.

Lontong Medan terbilang cukup variatif dan lebih nikmat dengan tambahan bihun goreng dan kerupuk udang. Citarasa dari sajian Lontong Medan terletak pada kerupuk kentang, tauco ikan teri, sambal tempe dan gurihnya serundeng bahkan bumbu rendang menambah nikmatnya kuliner ini.

Keunikan lontong khas Medan adalah terletak pada bumbunya. Bumbu ini membuat cita rasa masakan menjadi lebih gurih dan menggugah selera. Tak heran jika lontong Medan dapat dijadikan salah satu menu favorit. (jun/beritasampit.co.id).

.fb-background-color {
background: !important;
}
.fb_iframe_widget_fluid_desktop iframe {
width: 100% !important;
}

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: