Bahu Membahu TNI Bersama Masyarakat, Akhirnya Program TMMD Selesai Tepat Waktu

Bahu Membahu TNI Bersama Masyarakat, Akhirnya Program TMMD Selesai Tepat Waktu

SAMPIT – Hari ini seluruh masyarakat dan instansi terkait, Pemerintah Daerah (Pemda) serta Prajurit TNI telah menyelesaikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 dengan baik dan sukses. 

Selama satu bulan penuh mulai tanggal 22 September 2020 sampai dengan 21 Oktober 2020 kegiatan TMMD Ke-109 dilaksanakan dengan melibatkan 1 SSK Prajurit TNI serta komponen masyarakat yang tersebar di kabupaten, dengan harapan dapat menggelorakan kembali  semangat gotong-royong, mensejahterakan rakyat di daerah terpencil dan sebagai momentum untuk berpartisipasi membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ditengah-tengah situasi Pandemi saat ini.

Komandan Korem 102/Panju Panjung, Brigadir Jendral TNI Purwo Sudaryanto mengatakan, dirinya mendapat laporan bahwa sasaran dan volume pekerjaan TMMD cukup berat, sedangkan sarana dan prasarana serta waktu yang dibutuhkan sangat terbatas. 

Namun dengan semangat, kekompakan dan disiplin serta rasa tanggung jawab dari semua pihak, baik TNI, Polri, masyarakat dan instansi terkait lainnya bersatu padu, bahu membahu menyelesaikan program TMMD Ke-109 sehingga semua sasaran yaitu, mulai dari sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur baik fasilitas umum dan sosial dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. 

Serta sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan/ sosialisasi berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat diantaranya pelaksanaan protokol Kesehatan Covid-19.

“Dengan berakhirnya TMMD ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, Bupati/Walikota, para prajurit TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan TMMD Ke-109 di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini,” sebutnya, Rabu 21 Oktober 2020.

Lanjutnya, tidak lupa dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian/LPNK yang telah bersinergi dengan baik dalam program TMMD, terlebih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan TMMD di wilayah jajaran Korem 102/Pjg Kodim 1015/Sampit.

“Mudah-mudahan apa yang telah dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah,” ujarnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat, untuk ikut merasa memiliki dan peduli terhadap hasil-hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD Ke-109 ini. Pelihara dan rawat dengan baik sarana dan prasarana yang telah dibangun, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

“Marilah kita pertahankan semangat kebersamaan dan kema-nunggalan antara TNI-Rakyat. TNI selalu hadir di tengah – tengah masyarakat dengan membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat, kita tidak boleh mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI,” tegasnya.

Dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia yang sudah terbina dengan baik, pelihara hasil TMMD Ke-109 agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang dan adakan perawatan bersama masyarakat secara mandiri dan swadaya. 

“Kepada Dansatgas TMMD Ke-109, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Dan kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan serta tetap jalin komunikasi yang baik dengan masyarakat,” ujar Brigjen Purwo.

Dirinya juga mengingatkan untuk disiplin dalam protokol kesehatan sebagai bentuk kepedulian dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya apabila selama kegiatan TMMD ini terdapat perilaku atau tutur kata prajurit saya yang kurang berkenan di hati masyarakat. Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi rakyat. Karena TNI AD lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” tutupnya.

(dia/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: