Asah Keterampilan Sat Sabhara Polres Kotim Rutin Latihan Dalmas

Asah Keterampilan Sat Sabhara Polres Kotim Rutin Latihan Dalmas

– Antisipasi situasi Kondisi Trend Gangguan Kamtibmas, Sat Sabhara Polres Kotim Giatkan rutin laksanakan Latihan Pengendalian Massa Kabupaten Kotawaringin Timur, bertempat di Mako Polres Kotim, Jalan Jenderal Soedirman km.0 Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. (21/10/2020) Pagi.

Satuan Sabhara merupakan salah satu bagian fungsi Kepolisian yang memiliki tugas bersifat preventif, dimana dalam mengamban tugasnya juga diperlukan untuk memiliki Skill keahlian dan keterampilan khusus, dan dalam dinamikanya masing-masing bagian yang tergabung dalam fungsi Samapta perlu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan masyarakat.
Selain Tugas Pokok Satuan Sabhara yakni Turjawali Yanmas (Pengaturan, Penjagaan, Patroli dan Pelayanan Masyarakat), Pada fungsi Satuan sabhara juga terdapat fungsi Pasukan Pengendali Massa (Dalmas) yang memiliki fungsi tugas pokok sebagai pengawal sekaligus pengamanan aksi unjuk rasa sebagai tindakan preventif Kepolisian, dalam aplikasi pelaksanaannya Unit Pengendali Massa (Dalmas) melaksanakan Pelayanan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap sekelompok masyarakat yang sedang menyampaikan pendapat / aspirasi didepan umum guna mencegah masuknya pengaruh pihak tertentu atau provokator.

Menghadapi Dinamika Perkembangan situasi yang berkembang di Kotawaringin Timur, diperlukan kesiap siagaan seluruh Personil Polri Polres Kotim, salah satunya adalah dari Fungsi Sabhara yang mempunyai Tugas tanggung jawab untuk menciptakan situasi Kondusif Riel dilapangan.
Untuk terus memupuk dan mengasah Keterampilan serta Disiplin kesiapsiagaan Personilnya, Sat Sabhara Polres Kotim secara rutin dan terjadwal selalu melaksananakan Latihan, dalam hal ini salah satunya adalah latihan Pengendalian Massa.

Kapolres Kotim Akbp. Abdoel Harris Jakin melalui Kasat Sabhara Akp. Suroto menerangkan bahwa “ Kegiatan latihan rutin ini adalah untuk tetap mengasah melatih Keterampilan serta Kesiapan bagi setiap personil Sat Sabhara, sewaktu-waktu siap untuk diterjunkan dalam hal mengendalikan maupun mengurai massa yang sudah tidak patuh aturan dalam menyampaikan pendapat “ jelasnya.(***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: