Antisipasi Kebakaran, Masyarakat Harus Waspada Saat Beraktivitas

Antisipasi Kebakaran, Masyarakat Harus Waspada Saat Beraktivitas

IST/BERITA SAMPIT – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur, Rihel.

SAMPIT – Guna mengantisipasi terjadinya potensi kebakaran pada bulan ramadan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kotawaringin Timur (Kotim) Rihel mengingatkan kepada masyarakat untuk benar-benar memastikan keamanan saat beraktivitas.

Terutama, saat memasak sahur dan sebelum melakukan ibadah salat tarawih. Menurutnya, aktivitas itu seperti pada kompor, kabel jaringan arus listrik di rumah agar diperhatikan sebelum ditinggalkan beraktivitas.

“Kita mengimbau masyarakat agar memperhatikan jaringan listrik yang ada, jangan gunakan colokan cabang untuk arus yang besar seperti kulkas, dispenser serta yang lainnya saat meninggalkan rumah atau habis memasak di dapur. Pastikan bahwa kompor harus betul-betul dimatikan, jangan langsung ditinggalkan begitu saja. Bila mampu siapkan tabung Alat Pemadam Api Ringan Portable (APAR),” kata Rihel, Rabu 29 April 2020.

BACA JUGA:   Polres Kotim Laksanakan Operasi Aman Nusa II Penanganan Covid-19

Hal itu menurutnya, guna mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran, karena dalam bulan April ini saja sudah dua kali terjadi kebakaran. Ia juga meminta apabila terjadi kebakaran awal bisa dimatikan dengan alat APAR tersebut, dan segera hubungi pos petugas pemadam kebakaran.

Kami juga telah memberikan instruksi kepada para anggota kami petugas Damkar untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap timbulnya bahaya kebakaran. Mengingat, aktifitas memasak di kalangan masyarakat akan dilakukan secara bersamaan.

BACA JUGA:   Ini Cara Unik Pemerintah Kelurahan Mendawai Cegah Covid-19

“Tak terkecuali rumah makan, mereka juga melakukan aktifitas memasak saat memasuki waktu berbuka. Maka dari itu, imbauan kami cek kembali peralatan masak yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran sebelum menutup warung atau tempat makan,” demikianya. (Jmy/beritasampit.co.id).

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: