Anggota Pospol Tangar Giatkan Binluh dan Sosialisasi Karhutla

Anggota Pospol Tangar Giatkan Binluh dan Sosialisasi Karhutla

– Anggota Pospol Tangar Polsek Mentaya Hulu, giatkan Penyuluhan tentang larangan melakukan Pembakaran Hutan dan Lahan, bertempat di Desa Tangar, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Sabtu(10/10/2020).

Tahun 2020 ini siklus cuaca tidak menentu dan tidak dapat diprediksi, musim kemarau sepertinya terjadi pada awal bulan Oktober hal ini ditengarai dengan menSosialisasi Karhutlaingkatnya sejumlah titik hot spot di wilayah kecamatan Mentaya Hulu, termasuk Desa Tangar yang merupakan wilayah hilir dari Kecamatan Mentaya Hulu. Bripka Markoni anggota pospol Tangar secara intensif menggalakkan binluh dan sosialisasi larangan pembakaran hutan dan lahan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar namun dapat dengan menebas dan membersihkan menggunakan alat manual.

Kapolsek Mentaya Hulu Iptu Roni Paslah, melalui Bripka Markoni menjelaskan bahwa pembakaran hutan dan lahan dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan punahnya satwa liar, belum lagi berbagai penyakit dapat timbul akibat hal tersebut seperti ISPA (infeksi saluran pernafasan atas) yang dapat mengganggu kesehatan orang dewasa maupun balita. ” Kondisi dilapangan masih banyak ditemukan lahan yang terbakar tentu saja ini perlu di lakukan sosialisasi bahkan penegakan hukum sebagai efek jera terhadap masyarakat maupun perusahaan yang membakar lahan karena sudah jelas diatur dalam Undang – Undang larangan pembakaran hutan serta lahan” Jelas Kapolsek. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: