Anggota Polres Kotawaringin Timur Ikut Serta dalam Kegiatan Water Booming BPBD

Anggota Polres Kotawaringin Timur Ikut Serta dalam Kegiatan Water Booming BPBD

– Dalam penanggulangan Titik Hotspot, Polres Kotim menempatkan personil dalam kegiatan Water Boombing BPBD, yang Base Campnya berada di Bandara H. Asan Jalan Samekto Kelurahan Baamang Hulu, Kecamata Bamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. (07/10/2020).

Meskipun curah Hujan masih cukup banyak namun pada waktu-waktu tertentu masih ada terjadi panas terik beberapa hari, sehingga berdampak bisa munculnya titik Hotspot.
Adapun kemunculan titik-titik Hotspot tersebut adalah berada di daerah yang sulit dijangkau baik jalan darat maupun sungai serta membutuhkan waktu tempuh yang tidak sebentar, dalam hal ini sebelum berusaha untuk mencari tahu apa penyebabnya, maka sebagai langkah utama dan terpenting adalah memadamkan titik Api (Hotspot) tersebut sendiri, agar tidak semakin meluas tak terkendali.

Dalam hal ini untuk memudahkan Koordinasi Polres Kotim menempatkan Personilnya untuk tergabung dalam team BNPB (Badan Nasional Penaggulangan Bencana) dalam antispasi dan penanganan titik Hotspot menggunakan armada Helicopter MI-17 Water Boombing, yang berpangkalan di Bandara H. Asan Sampit .

Dalam hal ini Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo yang diwakili Kapolres Kotim Akbp. Abdoel Harris Jakin menerangkan Penepatan Personil Polres Kotim ini untuk memudahkan Koordinasi dalam Penanganan Karhutla diwilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, selain itu yang terpenting adalah dihimbau kepada Masyarakat agar jangan melakukan Perbuatan Pembakaran Hutan dan lahan apapun Alasanya, karena “ terjadinya kebakaran hutan yang sudah tidak terkendali akan berdampak terjadinya Kerusakan Lingkungan Hidup, Merusak nama Baik bangsa dan akan ada Sanksi Hukum bagi Pelaku Pembakaran tersebut” tegasnya. (***)

Sumber: Borneo24

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: