Anak Buaya Lepas Sebelum Diserahkan ke BKSDA

Anak Buaya Lepas Sebelum Diserahkan ke BKSDA

SAMPIT – Salah seorang pemuda Andre berhasil menangkap anak buaya di Jalan H Imran, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur. Tangkapan itu tidak sengaja dilakukan Andre saat dirinya tengah memancing di pinggiran sungai Mentaya, Sampit.

Kemarin Sabtu 31 Oktober sekitar pukul 11.00 WIB Andre sedang memancing, saat melemparkan kail dengan pelampung ternyata anak buaya tersebut menyambar pelambung yang membuatnya terjerat tali pancing.

Usai menemukan anak buaya tersebut, Andre langsung mengabarkannya kepada Aleq yang merupakan tetangga dari petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Hingga hari ini petugas BKSDA datang langsung untuk mengambil anak buaya tersebut.

Namun sayangnya berdasarkan informasi dari Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengatakan, anak buaya tersebut lepas sebelum pihaknya sampai ke lokasi. Pasalnya anak buaya tersebut hanya diletakkan di dalam ember kecil yang ditutup dengan kayu.

“Kita sudah mencoba mencari ke sekitarnya namun tidak ditemukan. Perkiraan saya kalau buaya itu lepas maka masih ada disekitar lokasi, namun karena banyaknya tumpukkan kayu galam membuat pencarian menjadi sulit,” ujarnya, Minggu 1 Oktober 2020.

Lanjutnya, jika buaya tersebut kembali terlihat dirinya menghimbau agar masyarakat segera menghubungi pihaknya untuk melakukan evakuasi.

“Dari dugaan, karena mencari makan makanya buaya tersebut sampai masuk ke sungai Mentawa (anak sungai Mentaya). Kebetulan di daerah tersebut banyak sampah rumah tangga, itu memancing buaya datang ke lokasi tersebut,” ungkapnya.

Dikatakan Muriansyah juga, dari informasi warga setempat juga sering melihat kemunculan buaya lainnya di sekitar muara sungai yang panjangnya mencapai 1,5 meter.

“Rencana kami akan memasang jerat dan pancing buaya di sekitar lokasi kemunculannya,” tutupnya.

(dia/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: