Akses Masuk Dari Kaltim ke Barito Utara Diperketat

Akses Masuk Dari Kaltim ke Barito Utara Diperketat

IST/BERITA SAMPIT – Anggota DPRD Barito Utara, saat melakukan kunjungan ke sejumlah posko yang ada di Barito Utara.

MUARA TEWEH – Selain Posko Jalur Darat Kandui, Jalur Air Pelabuhan dan Jalur Udara Bandara serta Posko Lemo dan Benangin, yang sudah didirikan. Kini, di Kecamatan Gunung Purei yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) juga didirikan Posko Covid-19.

Posko yang didirikan atas inisiatif Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa dan Puskesmas setempat, untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Kabupaten Barito Utara. Posko tersebut, terletak di Desa Tambaba Kecamatan Gunung Purei.

Di Posko itu, warga yang melintas masuk akan dilakukan pencatatan maksud dan tujuan serta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan Thermo Gun. Selain itu, mobil yang melintas masuk juga tak luput untuk dilakukan penyemprotan disinfektan.

BACA JUGA:   Warga Kelurahan Jambu Lakukan Ini Agar Terhindar dari Covid-19

Sementara, bagi warga akan diberikan penyampaian terkait pencegahan Virus Corona dan disosialisasikan pentingnya cuci tangan. Para petugas yang berjaga, apabila menemukan masyarakat dalam gejala terpapar Covid-19, diimbau agar segera menghubungi Tim Gugus Tugas Covid-19 Barito Utara, untuk dilakukan langkah-langkah selanjutnya.

Pada kesempatannya, Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini, mengapresiasi keberadaan posko tersebut. Karena menurut pihak Dewan, mengingat Desa Tamaba merupakan pintu masuk warga Kaltim ke Barito Utara.

Dalam menjalankan Fungsi Pengawasan, DPRD Barito Utara, berinisiatif mengunjungi Pos tersebut sembari mensosialisasikan physical distancing dan Bahaya Covid-19 kepada warga, nantinya.

BACA JUGA:   Dua Agenda Besar PHBI Bakal Digelar

Dalam pemantauan DPRD, masyarakat sudah banyak yang tahu mengenai Covid-19, terlebih dengan akses media sosial yang sudah cukup merambah ke pelosok-pelosok desa.

DPRD Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih kepada perangkat Pemerintah Kecamatan, dan Desa yang telah berinisiatif membuat Posko Desa Tambaba.

“Saya berharap, agar Posko Desa Tambaba kedepannya bisa ditingkatkan dengan lebih melibatkan banyak pihak, mengingat hasil pemantauan banyak kendaraan lalu lalang dari Provinsi Kalimantan Timur,” kata Hj Mery Rukaini, yang disampaikan secara resmi melalui Diskominfo Barito Utara. (shp/beritasampit.co.id).

Sumber: BeritaSampit.co.id

Copyright © 2020 Sampit
%d bloggers like this: