90 Persen Masyarakat Kotim Sudah Disiplin Menerapkan 3M

90 Persen Masyarakat Kotim Sudah Disiplin Menerapkan 3M

SAMPIT- Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) 90 persen telah disiplin menerapkan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal ini diperoleh dari hasil Survei yang dilakukan tim satuan gugus penangan Covid-19 Kotim.

“90 Persen masyarakat Kotim menerapkan disiplin 3M,” kata juru bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kotim, Multazam, Selasa 27 Oktober 2020.

Multazam menuturkan salah satu contoh yang dapat dilihat dari kepatuhan masyarakat Kotim yaitu jarangnya terlihat masyarakat Kotim yang berlalu lalang tidak mengenakkan masker, hampir seluruhnya mengenakan.

“Contoh kecil yang dapat kita lihat, masyarakat yang keluar itu sekarang hampir semuanya pakai masker, jarang yang tidak pakai,” tuturnya.

Lanjutnya hal ini tidak lepas dari peran penting Pemerintah dan Kepolisian setempat dalam mengingatkan masyarakat agar disiplin protokol kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan diantaranya mensosialisasikan disiplin penerapan protokol kesehatan secara langsung terjun ke jalan. Namun sebagian juga ada masyarakat sadar pentingnya melaksanakan 3M tersebut.

“Kita langsung terjun ke jalan mensosialisasikan itu dibantu dengan pihak kepolisian untuk menghimbau masyarakat, kita juga membagikan masker kepada mereka,” papar Multazam.

Dirinya menambahkan kepatuhan yang dilakukan oleh masyarakat Kotim ini yang membuat penyeberan Covid-19 di Kotim terbilang tidak terlalu banyak masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dibandingkan daerah lain.

Menurutnya kunci utama memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah menerapkan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.Selain itu kepatuhan terhadap protokol kesehatan dapat lebih efektif mencegah penularan jika dilakukan secara kolektif dan tidak dilakukan sendiri.

“Kalau kita sudah patuh pada protokol kesehatan, jangan lupa mengingatkan orang lain yang belum patuh pada protokol kesehatan,”

Diketahui dari data terakhir total yang terkonfirmasi positif sebanyak 357, sembuh 317, dalam perawatan sebanyak 32 orang. Sedangkan yang meninggal dunia hanya sekitar 8 orang.

(dev/matakalteng.com)

Sumber: Mata Kalteng

Copyright © 2021 Sampit
%d bloggers like this: