Berikut Langkah Tepat Dukung Kotim Smart City

Berikut Langkah Tepat Dukung Kotim Smart City

JALAN : IM/BERITA SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor saat berjalan pulang usai meresmikan peluncuran aplikasi Enkape di Kelurahan Baamang Hilir.

SAMPIT – Hadir dalam launching aplikasi Enkape di Kelurahan Baamang Hilir, Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, Halikinnor menyampaikan bahwa dengan diluncurkannya aplikasi tersebut tidak lain dalam rangka dukungan pihak kelurahan kabupaten ini menuju kabupaten yang smart city

Halikinnor juga menyebutkan bahwa pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaunchingnya aplikasi ini. Aplikasi “Enkape” merupakan salah satu inovasi yang bagus sekaligus sebagai bukti bahwa Kelurahan Baamang Hilir terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dengan adanya aplikasi ini masyarakat semakin dipermudah, jika ingin mendapatkan layanan seperti membuat surat keterangan dari Kelurahan Baamang Hilir, cukup melalui aplikasi saja tidak perlu datang ke kantor kelurahan lagi.
Hal ini merupakan tujuan dari aplikasi “Enkape” itu sendiri disamping tujuan lainnya yaitu dalam mendukung tercipta nya Kotim yang smart city, serta mampu mengurangi kesempatan untuk terjadinya pungli, serta dapat mengurangi pengeluaran rutin lainnya, karena paperless,” sampainya, Kamis 9 Juni 2022 di Sampit.

Aplikasi Enkape sendiri bisa langsung digunakan melalui handphone maupun laptop di rumah dan bagi masyarakat yang tidak punya handphone android, Kelurahan Baamang Hilir bisa datang ke kantor kelurahan dan nanti akan langsung dibantu aparat kelurahan.

“Inilah bukti bahwa Kelurahan Baamang Hilir mampu memberikan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan dan akuntabel. Apalagi dimasa pendemi seperti ini, aplikasi kembang desa berperan mengurangi kontak fisik yang ada, saya harapkan aplikasi ini dapat di sosialisasikan dengan baik kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga masyarakat tahu dan mampu menggunakan aplikasi ini dengan baik,” pesan Halikinnor.

Ia menyampaikan bahwa seperti yang diketahui bersama, birokrasi yang baik menjadi kunci sebuah pemerintahan yang baik untuk melaksanakan pembangunan dan membuat regulasi yang berpihak kepada masyarakat, untuk itulah reformasi birokrasi harus terus dilakukan. Reformasi birokrasi ini mencakup penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengambilan keputusan dan penegakan disiplin serta pembangunan budaya kerja, kultur birokrasi yang berbasis etika dan inovasi.

Dengan adanya penerapan reformasi birokrasi ini, harapannya akan mengantarkan kepada praktik pemerintahan yang bersih (clean government) dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yang merupakan bentuk nyata dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) adalah dilakukannya reformasi birokrasi di segala bidang atau instansi dengan tujuan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kinerja birokrasi tentu sangat berkorelasi dengan kesejahteraan rakyat, hal itu bisa dilihat dari adanya layanan yang semakin mudah, murah dan cepat maka rakyat akan mudah mengakses apapun dengan cepat, transparan, ruang-ruang korupsi dipersempit dan tentu saja akan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Orang nomor satu di pemerintahan daerah Kotim itu juga menambahkan, reformasi birokrasi juga dilakukan agar terciptanya birokrat yang responsif, kompetitif dan inovatif. Artinya birokrat yang responsif menyikapi aspirasi dan tuntutan masyarakat. tanggap dan cepat bergerak ketika ada keluhan masyarakat. “Begitu pula senantiasa kompeiitif dan inovatif dalam berkarya di segala bidang pembangunan, mengatasi segala tantangan dan masalah yang ada dengan solutif,” tambah Halikinnor. (im/beritasampit.co.id).


Sumber: https://beritasampit.co.id/2022/06/09/berikut-langkah-tepat-dukung-kotim-smart-city/

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID