Begini Cara Registrasi Kartu 3 dan UNREG

Begini Cara Registrasi Kartu 3 dan UNREG

Handphone sudah menjadi kebutuhan dasar yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Rasanya tidak berlebihan untuk menyebutkan bahwa penggunaan ponsel dalam aktivitas keseharian tak bisa lagi dihitung jari.

Untuk kamu pengguna kartu Tri (3), maka kamu perlu melakukan registrasi, baik untuk pengguna baru maupun pengguna lama. Cara registrasi kartu 3 ini tidaklah rumit dan sangat mudah, kamu bahkan bisa melakukannya dari mana saja dan tidak membutuhkan data pribadi yang terlalu banyak.

Setiap provider memiliki cara registrasi yang berbeda-beda, jadi perhatikan kembali cara registrasi dari providermu. Untuk kamu pengguna Tri, berikut tahap-tahap lengkap cara registrasi kartu 3, mulai dari via SMS sampai via website khusus.



Kenapa Harus Registrasi

Dilansir situs kominfo.go.id, mengikuti peraturan pemerintah dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 14 tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang dikeluarkan pada tanggal 31 Oktober 2017, maka seluruh pengguna kartu perdana, baik pengguna lama maupun pengguna baru, wajib melakukan registrasi ulang kartu pelanggan.

Registrasi dilakukan dengan tujuan untuk melindungi masyarakat dan pelanggan dari kejahatan cyber dan penipuan yang marak melanda, yang biasa dilakukan melalui SMS maupun telepon. Selain itu, registrasi juga bertujuan untuk meminimalisasi penyalahgunaan nomor HP dan untuk mencapai single identity number.

Registrasi cukup dilakukan dengan mengirimkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga. Apabila pengguna masih tidak melakukan registrasi, maka Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa akan ada sanksi yang berlaku.

Sanksinya dimulai dari tidak bisa melakukan panggilan keluar, tidak bisa menerima panggilan, hingga akhirnya nomor diblokir. Untuk itu, bagi kamu pengguna kartu seluler, apa pun itu, kamu wajib untuk segera melakukan registrasi.

Dua Cara Daftar / Registrasi Kartu Tri (3)

Untuk pengguna kartu Tri, berikut cara registrasi kartu 3 yang tepat dan mudah dilakukan.

1. Registrasi Kartu 3 via SMS

Untuk pengguna baru, cara registrasi kartu 3 melalui SMS adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke bagian SMS.
  2. Kirim REG (spasi) NIK#NomorKK#.
  3. Sebagai contoh, REG 81924722738#28493758372139#.
  4. Kirim ke nomor 4444.
  5. Tunggu balasan pesan yang menyatakan bahwa registrasi telah berhasil dilakukan dan kartu dinyatakan telah aktif.

Untuk pengguna lama, cara registrasinya sebetulnya tidak berbeda jauh. Cara registrasi kartu 3 untuk pengguna lama adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke bagian SMS.
  2. Kirim ULANG (spasi) NIK#NomorKK#.
  3. Sebagai contoh, ULANG 381924722738#128493758378172#.
  4. Kirim ke nomor 4444.
  5. Tunggu balasan pesan yang menyatakan bahwa registrasi telah berhasil dilakukan dan kartu dinyatakan telah aktif.

2. Registrasi Kartu 3 via Situs Web

Cara registrasi kartu 3 melalui situs web adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke situs registrasi.tri.co.id melalui browser.
  2. Pilih opsi Registrasi Kartu Prabayar.
  3. Isi nomor Tri yang akan diregistrasi pada kolom yang tersedia.
  4. Isi pula Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga pada kolom yang tersedia. Pastikan kamu tidak salah mengisinya.
  5. Kode rahasia akan dikirimkan melalui SMS ke ponselmu. Pastikan ponselmu aktif dan dapat menerima SMS. Segera masukkan kode rahasia apabila sudah diterima. Kode ini hanya berlaku selama 5 menit. Sesuai namanya, pastikan kamu menjaga kerahasiaan kode yang diberikan.
  6. Masukkan 4 angka terakhir dari nomor seri (ICCID). ICCID merupakan 20 angka yang ada pada bagian belakang kartu Tri milikmu. Cukup masukkan 4 angka di kolom yang tersedia.
  7. Untuk pengguna iPhone, ICCID dapat ditemukan dengan masuk ke menu Setting, pilih opsi General, pilih About, lalu klik ICCID. Nomor ICCID akan otomatis keluar dengan sendirinya.
  8. Centang bagian I’m not a robot lalu klik Kirim. Registrasi kartu 3 pun berhasil dilakukan.

Selain melalui SMS dan website, kamu juga bisa datangi langsung gerai Tri di daerah terdekatmu dan lakukan registrasi di sana. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan syarat-syaratnya, yakni NIK dan nomor KK. Kamu akan langsung dibantu sales di sana apabila mengalami kesulitan.

Cara Unreg/Hapus Data Registrasi Kartu 3

Apabila kamu merasa salah ketika memasukkan data-data yang dibutuhkan, kamu bisa menghapus data registrasi tersebut melalui opsi unreg. Berikut cara menghapus data registrasi kartu 3 melalui website.

  1. Masuk ke situs registrasi.tri.co.id melalui browser.
  2. Pilih opsi UnReg.
  3. Masukkan nomor handphone yang masih aktif pada kolom yang tersedia.
  4. Masukkan pula NIK pada kolom yang tersedia. Pastikan setiap data telah terisi dengan benar.
  5. Kode rahasia akan dikirimkan melalui SMS ke nomormu. Pastikan ponselmu tetap aktif dan dapat menerima SMS. Segera masukkan kode rahasia apabila sudah diterima.
  6. Kode ini hanya berlaku selama 5 menit. Setelah lebih dari 5 menit, kamu bisa minta untuk mengirim ulang kode rahasia baru. Sesuai namanya, pastikan kamu menjaga kerahasiaan kode yang diberikan.
  7. Klik kotak I’m not a robot. Setelah semua data terisi dengan benar, klik kirim.

Itulah dia cara registrasi kartu 3 yang mudah dan tentunya tetap aman untuk dilakukan. Persiapkan semua syarat yang dibutuhkan dan segera registrasikan kartu milikmu. Registrasi kartu 3 ini dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun kamu mau. Jangan sampai lupa ya!

Simak Video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Kraton Cimahi
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)


Sumber: https://www.detik.com/bali/berita/d-6419851/begini-cara-registrasi-kartu-3-dan-unreg

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID