Bawaslu Temukan Dugaan Pencatutan NIK Masyarakat Hingga Pengawas Pemilu Jadi Pendukung Balon DPD

Bawaslu Temukan Dugaan Pencatutan NIK Masyarakat Hingga Pengawas Pemilu Jadi Pendukung Balon DPD

JAKARTA – Berdasarkan hasil pengawasan yang sudah memasuki hari ke-15, Bawaslu menerima aduan dari 21 Provinsi yang tercatat hingga 19 Januari 2023. 

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Hubungan Masyarakat, Lolly Suhenty, mengatakan, dari hasil pengawasan Bawaslu menunjukkan, adanya dugaan pencatutan nama atau nomor induk kependudukan (NIK) masyarakat serta pengawas Pemilu sebagai pendukung bakal calon anggota DPD.

“Bawaslu mencatat setidaknya terdapat 313 aduan masyarakat serta pengawas Pemilu yang mengaku nama dan NIK-nya dicatut oleh bakal calon anggota DPD untuk dimasukkan dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon),” katanya dalam keterangan tertulis kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Lolly mengungkapkan, Bawaslu mendapatkan laporkan nama masyarakat hingga pengawas Pemilu yang dicatut berdasarkan laporan yang disampaikan Bawaslu daerah hingga pengaduan langsung secara online.

“Nama-nama tersebut didapat dari laporan yang masuk melalui posko aduan masyarakat, baik secara offline yakni dengan datang langsung ke kantor Bawaslu daerah terdekat,” terangnya.

“Maupun online, melalui link aduan masyarakat yang dipublikasikan di masing-masing website dan media sosial Bawaslu provinsi dan Bawaslu kabupaten/kota,” demikian Lolly.

Editor: Akbar Budi Prasetya




Sumber: https://www.infoindonesia.id/read/2023/01/24/21334/bawaslu-temukan-dugaan-pencatutan-nik-masyarakat-hingga-pengawas-pemilu-jadi-pendukung-balon-dpd

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID