Banjir di Palangka Raya Mulai Surut, Tetap Waspada Banjir Susulan

Banjir di Palangka Raya Mulai Surut, Tetap Waspada Banjir Susulan

SAMPIT, Palangka Raya – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan kondisi banjir yang melanda kota setempat saat ini mulai perlahan surut. Pada 13 kelurahan yang terdampak, kini ketinggian air secara konstan turun antara 5 hingga 10 cm dalam beberapa hari.

“Kondisi banjir per hari kini sudah mulai surut. Saat ini rata-rata yang tergenang masih jalan-jalan lingkungan dan tidak sampai masuk ke dalam rumah. Alhamdulilah debit air terus alami penurunan sejak kemaren sampai saat ini,” kata Emi, Kamis, 22 September 2022.

Penurunan debit air menurutnya dikarenakan daerah hulu, seperti Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Katingan, kini curah hujannya sudah mulai turun dan ketinggian air sungai turut menurun juga. Sehingga air yang mengalir melintasi Kota Cantik, tidak sebanyak pekan lalu. Air juga langsung mengalir kembali ke kawasan hilir di Kabupaten Pulang Pisau. 

“Hujan seharian kemarin dan prediksi akan hujan beberapa hari ke depan, kami imbau masyarakat tetap waspada. Air masih berpotensi kembali naik. Amankan barang berharga dan peralatan elektronik, agar tak terkena air. Juga karena hujan sekarang diikuti angin kencang, berhati-hatilah saat berteduh di dekat pohon, karena kerawanan pohon tumbang juga meningkat,” ujarnya. 

Adapun ke 13 kelurahan yang terdampak banjir ialah Kelurahan Langkai, Palangka, Tanjung Pinang, Bukit Tunggal, Petuk Katimpun, Bereng Bengkel, Kalampangan, Kameloh Baru, Danau Tundai, Banturung, Marang,Tumbang Tahai, dan Pahandut Seberang.




Sumber: https://www.borneonews.co.id//berita/277508-banjir-di-palangka-raya-mulai-surut-tetap-waspada-banjir-susulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID