Bakesbangpol Kotim berikan edukasi politik kepada masyarakat pesisir – ANKT

Bakesbangpol Kotim berikan edukasi politik kepada masyarakat pesisir – ANKT


Sampit (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit yang merupakan kawasan pesisir. 

“Sosialisasi, penyuluhan dan bimbingan teknis baik dilaksanakan dengan lebih intensif yang dipersiapkan secara baik, sehingga banyak warga masyarakat yang memahami tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kotawaringin Timur, Sanggul Lumban Gaol di Desa Ujung Pandaran, Sabtu. 

Desa Ujung Pandaran berjarak sekitar 85 kilometer dari Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur. Seperti wilayah pesisir pada umumnya, desa ini dihuni oleh penduduk yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik merasa perlu terus melakukan pendidikan politik kepada masyarakat, tidak terkecuali di desa yang terkenal dengan potensi objek wisata pantainya tersebut. Tujuannya agar masyarakat memahami sehingga turut berpartisipasi menyukseskan pemilu serentak pada 2024 mendatang. 

Menurut Sanggul, peran aktif panitia pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara dan tokoh masyarakat dalam menyukseskan pemilu tahun 2024 sangat penting. Bukan hanya sebagai suatu momen pembelajaran tentang nilai-nilai demokrasi, tetapi suatu bentuk keterlibatan nyata dalam menentukan arah dan masa depan pembangunan di Indonesia, secara khusus Kabupaten Kotawaringin Timur.

Seluruh masyarakat, kata dia, harus sepakat bahwa pemilihan umum di Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2024, harus dapat dilaksanakan dengan aman, sukses dan berkualitas. 

“Untuk itu sangat perlu dukungan, peran serta dan tanggung jawab dari masing-masing kita sesuai kedudukan dan wewenangnya, baik sebagai anggota dari unsur penyelenggara dan atau pelaksana pemilihan maupun sebagai warga masyarakat yang memiliki hak pilih,” tambahnya. 

Pemilihan umum harus dijadikan sebagai suatu pembelajaran terhadap sebuah upaya untuk lebih memahami nilai-nilai demokrasi Pancasila dalam

bidang politik. Demokrasi Pancasila harus dipahami sebagai bentuk partisipasi aktif segenap warga masyarakat dalam sebuah sistem pemerintahan Indonesia dan ini berarti bahwa warga masyarakat merupakan subjek demokrasi.

}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));


Sumber: https://kalteng.antaranews.com/berita/606045/bakesbangpol-kotim-berikan-edukasi-politik-kepada-masyarakat-pesisir

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID