Apa Perbedaan nomor KTP dan NIK? Temukan di Sini Jawabannya

Apa Perbedaan nomor KTP dan NIK? Temukan di Sini Jawabannya

KTP alias Kartu Tanda Penduduk adalah salah satu dokumen penting. Bagi AutoFamily yang hendak memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM, baik A ataupun C, KTP menjadi salah satu persyaratan mutlak dalam pembuatannya. Seperti dokumen resmi pada umumnya, KTP juga memiliki nomor. Lantas apa perbedaan nomor KTP dan NIK?

Apa itu NIK?

NIK sendiri merupakan singkatan dari Nomor Induk Kependudukan. Aturan mengenai NIK diatur sesuai Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan adalah diberlakukannya Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan PP Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-undang Administrasi Kependudukan.

Dalam NIK terdiri atas 16 digit dan nomor identitas penduduk yang bersifat unik dan khas, tunggal, serta melekat pada seseorang (dan hanya pada orang itu) sepanjang masa yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia, di mana NIK itu tidak dapat diubah sampai orang itu meninggal dunia.

Perbedaan Nomor KTP dan NIK

AutoFamily tak perlu bingung mengenai perbedaan nomor KTP dan NIK. Sebab nomor KTP merupakan sebutan lain dari NIK (Nomor Induk Kependudukan). Jadi memang keduanya adalah hal yang sama.

Nomor Induk Kependudukan alias nomor KTP ini pada dasarnya menjadi hal yang sangat penting bagi pengurusan berbagai surat menyurat. Tak cuma untuk membuat SIM A dan C, nomor tersebut juga penting saat mengurus Kartu Keluarga.

NIK ini akan selalu digunakan dan tercantum di sejumlah dokumen penting seperti SIM, NPWP dan lainnya. Walaupun sekilas terlihat acak, namun NIK sendiri sesungguhnya bukanlah deretan angka yang acak.

Setiap angka NIK alias nomor KTP yang pasti terdiri dari 16 digit memiliki atau berisikan makna tertentu. Jadi memang bukanlah angka yang sembarangan ditulis pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Cara Baca Nomor KTP atau NIK

Deretan angka pada nomor KTP atau yang bisa juga disebut NIK (Nomor Induk Kependudukan) bukan berarti tak bisa dibaca maknanya oleh semua orang. AutoFmaily pun bisa memahaminya dengan membaca panduan dalam artikel ini.

Dikutip dari berbagai sumber, NIK yang terdiri dari 16 angka terdiri dari beberapa angka yang sebenarnya beberapa di antaranya di ambil dari identitas penduduk itu sendiri. 

NIK terdiri dari 16 digit terdiri atas :

  1. 6 digit pertama (dibaca dari sisi angka paling kiri) merupakan kode wilayah Propinsi, Kabupaten atau Kota dan Kecamatan tempat tinggal pada saat penduduk tersebut mendaftar.
  2. 6 digit kedua adalah tanggal, bulan dan tahun kelahiran dan khusus untuk perempuan tanggal lahirnya ditambah angka 40.
  3. 4 digit terakhir merupakan nomor urut penerbitan NIK yang diproses secara otomatis.

Seperti yang telah disebut di atas tadi, NIK sifatnya berlaku seumur hidup dan selamanya tidak berubah dan tidak mengikuti perubahan domisili penduduk yang bersangkutan.

BACA JUGA: Mengenali Ciri-ciri Karet Support Shockbreaker Rusak

NIK diterbitkan setelah dilakukan pencatatan biodata penduduk sebagai dasar penerbitan Kartu Keluarga, KTP dan Akta-akta Catatan Sipil pada Dinas Dukcapil setempat.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mengemudi mobil Toyota wajib hukumnya memiliki SIM A. Namun jangan lupa juga, selain SIM A, ada dokumen lain yang juga wajib selalu dibawa saat mengemudi.

Dokumen tersebut tak lain dan tidak bukan adalah KTP dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Ya, KTP bukan hanya menjadi salah satu dokumen identitas, namun juga sarat sah ketika Anda bepergian.

SIM A dan KTP bisa AutoFamily satukan di dalam dompet agar tidak mudah tertinggal dan selalu terbawa ke manapun Anda berkendara menggunakan mobil Toyota.

Auto2000 Digiroom
 

PILIH DAN MILIKI FORTUNER YANG ANDA INGINKAN DENGAN MUDAH DI SINI


Sumber: https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/perbedaan-nomor-KTP-dan-NIK-2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID