Anak Perlu Dilatih Bicara

Anak Perlu Dilatih Bicara

SAMPIT – Perkembangan motorik anak merupakan salah satu aspek yang sering diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran, baik di sekolah maupun di rumah.

“Anak perlu dilatih berbicara agar mampu menyampaikan pesan lisan dengan jelas sehingga dapat diterima oleh mitra bicaranya,” kata Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim), Arief, Kamis 19 Januari 2023.

Kemudian, ujarnya, ada yang harus dilakukan orang tua agar hal tersebut bisa tercapai, salah satunya dengan cara mendengarkan anak bicara sampai selesai.

“Ketika anak bicara, orang tua harus memberikan respons dengan sikap tubuh yang mendukung, misalnya tersenyum bila yang disampaikan lucu atau sikap lainnya yang membuat dia tahu bahwa yang ia sampaikan sudah dipahami lawan bicara,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, menjadi pembicara yang baik karena perlu model tampilan pembicara yang baik, misalnya tidak memotong pembicaraan dan memilih kata yang santun.

“Berbicara adalah kegiatan menyampaikan pesan lisan dengan pengucapan yang jelas, mimik yang sesuai agar pesan dapat diterima pendengar dengan tepat,” pungkasnya.

(dia/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/pendidikan/disdik-kotim/2023/01/19/anak-perlu-dilatih-bicara

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID