Air Meluap ke Permukiman Warga Samba Bakumpai

Air Meluap ke Permukiman Warga Samba Bakumpai

INTIMNEWS.COM, KASONGAN – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kecamatan Katingan Tengah, berdampak dengan meluapnya sungai Samba meluap. Akibatnya sejumlah rumah warga di Desa Samba Bakumpai terendam.

Kenaikan air terjadi dari RT.01-06 bagian bawah dan atas Jalan Desa Samba Bakumpai dan jalan Lintas Kabupaten RT. 07, 08  bagian bawah. Selain itu fasilitas umum seperti Feri penyeberangan hanya 1 yang beroperasi.

Sedangkan sekolah halaman yang terendam yaitu TK Tunas Harapan, Madrasah Aliyah As Shalihin, fasilitas agama (Mesjid dan Mushola) aman, rumah warga yang terendam (RT 01 : 4 buah, RT.02 : 5 buah, RT 04 : 3 buah, RT 07 : 5 buah, RT 08 : 4 buah).

Kendati terjadi kenaikan air hingga kepemukiman, aktivitas masyarakat masih dapat dilakukan seperti biasa dan normal.

“Malam tadi memang sempat mengalami kenaikan akibat debit sungai samba dan sungai Katingan meluap. Tap siang tadi sudah mulai turun,” ucap Camat Katingan Tengah Yobie Sanra. Jumat 1 Juli 2022.

Dirinya meminta warga supaya mewaspadai kemungkinan banjir yang terjadi. “Kami mengimbau masyarakat tetap waspada. Apalagi informasi dari BMKG curah hujan berpotensi tinggi kembali hari ini,” tambahnya.

Dari informasi yang diterima Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, menyebutkan 13 kecamatan di Wilayah Katingan diprediksi pukul 13.00 Wib – 16.00 Wib mengalami hujan ringan.

Terpisah Kepala Desa (Kades) Samba Bakumpai Halim menerangkan kenaikan debit air sempat merendam sejumlah pekarangan rumah warga dan fasilitas umum lainnya, tapi hingga siang ini pukul 14.40 Wib air mulai mengalami penurunan tapi agak lambat.

Kades menyebutkan curah hujan cukup deras terjadi sejak kemaren malam hingga tadi malam. “Sejak pagi tadi cuaca cukup cerah dan tidak hujan, namun siang ini agak mendung,” sebutnya.

Dia menjelaskan bila terjadi curah hujan tinggi dibagian hulu seperti Katingan Hulu, tidak menutup kemungkinan banjir kembali seperti tahun 2021 yang lalu. Meluapnya Sungai Katingan di wilayah hulu menyebabkan warga yang bermukim di wilayah hilir terutama yang tinggal di tepi Sungai Katingan khawatir ada banjir kiriman

“Yang dikhwatirkan kalau dibagian utara atau hulu hujan dan 2 sungai (Samba dan Katingan) meluap sudah dapat dipastikan akan terjadi banjir lagi dibagian hilir,” pungkas Kades.

(MG.Bitro/Intimnews.com)


Sumber: https://www.intimnews.com/air-meluap-ke-permukiman-warga-samba-bakumpai/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID