80 Persen Kontingen FTIK ke XI Kotim Merupakan Pelajar

80 Persen Kontingen FTIK ke XI Kotim Merupakan Pelajar

SAMPIT – Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) ke XI. Delapan puluh persen kontingen yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan pelajar yang ada di wilayah setempat. 

“Ada 13 dari 17 kecamatan yang mengikuti FTIK ke XI Kotim 2022. Mereka akan mengikuti empat cabang lomba digelar,” kata Ketua Pelaksana FTIK ke XI Kotim Agus Sanang, Kamis 24 November 2022.

Disebutnya, jumlah kontingen dari 13 kecamatan tersebut yaitu 144 orang. Dari jumlah itu 80 persen merupakan pelajar yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

“Jadi banyak pelajarnya. Memang kegiatan ini kategori dewasa juga ada, tapi yang lebih mendominasi adalah pelajar,” imbuhnya. 

Sehingga dirinya berharap kegiatan FTIK ini selain sarana untuk lebih memaknai ajaran beragama, serta mendekatkan diri kepada Ranying Hatalla Langit (Tuhan Yang Maha Esa), bisa mengembangkan potensi pelajar di bidang keagamaan Hindu Kaharingan seperti Karungut, membaca kitab suci dan menandak. 

“Ini harus dikembangkan ke pelajar kita agar mereka tetap memahami ajaran agama, serta tidak tergerus oleh zaman. Dengan begitu akhlak pelajar kita bagus dan akan menjadi SDM yang berguna nantinya bagi pembangunan Kotim. Mereka yang memperoleh hasil terbaik akan dikirim ke tingkat Provinsi Kalteng. Semoga pelajar kita nanti bisa membawa nama baik Kotim,” harapnya.

(dev/matakalteng.com)


Sumber: https://www.matakalteng.com/daerah/kotawaringin-timur/2022/11/24/80-persen-kontingen-ftik-ke-xi-kotim-merupakan-pelajar

Leave a Reply

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID