5 Cara Praktis Cek NIK KTP Secara Online, Bisa Lewat WhatsApp Bun

5 Cara Praktis Cek NIK KTP Secara Online, Bisa Lewat WhatsApp Bun

Jakarta

Bunda sering ribet karena harus menyelesaikan beberapa urusan dengan memasukkan NIK? Ya, Nomor Induk Kependudukan atau biasa disingkat NIK memang dibutuhkan untuk persyaratan beberapa urusan mulai dari perbankan, pajak, BPJS, rumah sakit, hingga masalah lainnya.

Jika Bunda lupa membawa KTP, tentu urusan terkait NIK menjadi runyam. Apalagi jika Bunda tidak menyalinnya di tempat lain yang bisa dilihat sewaktu-waktu.

Selain itu, urusan terkait NIK juga perlu dipastikan apakah valid atau tidak, sehingga harus dicocokkan dengan NIK yang tercatat di Dukcapil. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah di kemudian harinya. 

Nah kini, Bunda tak perlu lagi pusing urusan NIK atau harus menghapalnya karena bisa dilihat secara online. Mengecek NIK KTP bisa online. Ingin tahu seperti apa prosedurnya?

Cara mengecek NIK KTP online

Berikut beberapa cara untuk mengecek NIK KTP secara online tanpa perlu repot-repot:

1. SMS

Bunda dan Ayah bisa melakukan pengecekan NIK KTP online dengan memanfaatkan fitur SMS atau pesan singkat. Bunda tinggal mengetik format Cek#KTP#NIK.

Setelah pesan diketik, tinggal kirimkan ke nomor 0815-3636-9999. Setelahnya, tinggal menunggu jawaban dari Dukcapil.

2. WhatsApp

Jika Bunda tidak memiliki pulsa reguler tidak perlu khawatir karena bisa dilakukan pengecekan secara online menggunakan WhatsApp. Bedanya, WhatsApp bukan dikirim ke Dukcapil melainkan ke Kemendagri.

Caranya, ketik format nama lengkap sesuai dengan KTP/NIK/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Kota. Setelah itu kirim ke nomor 0813-2691-2479.

Sebagai contoh: Cynthia Paramita/32712345678000/Pancoran Mas, Depok, Kota Depok.

3. Media sosial

Cara selanjutnya, Bunda dan Ayah bisa mengecek NIK KTP online melalui media sosial Dukcapil lho. Cara ini tergolong lebih mudah karena bisa dilihat dari Instagram, Twitter, dan Facebook resminya. Apa alamatnya.

LANJUTKAN MEMBACA INFORMASINYA DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga informasi mengenai kemudahan yang ditawarkan Allobank dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)





Sumber: https://www.haibunda.com/moms-life/20230122190508-76-295370/5-cara-praktis-cek-nik-ktp-secara-online-bisa-lewat-whatsapp-bun

Leave a Reply

Copyright © 2023 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID