3 Hal Terkait Rencana Ditjen Dukcapil Kemendagri Bakal Tarik Biaya Akses NIK

3 Hal Terkait Rencana Ditjen Dukcapil Kemendagri Bakal Tarik Biaya Akses NIK

Liputan6.com, Jakarta – Rencananya, setiap akses nomor induk kependudukan atau NIK Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal memungut biaya sekitar Rp 1.000.

Dijelaskan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, pemungutan biaya tidak dilakukan sembarangan, melainkan lantaran ada kebutuhan untuk menjaga dan memelihara data kependudukan.

“Dari PNBP (penerimaan negara bukan pajak) ini diharapkan dapat membantu Ditjen Dukcapil dalam melakukan pemeliharaan dan pengembangan sistem dalam jangka panjang,” ujar Zudan dalam keterangannya, dikutip Kamis 14 April 2022.

Kemudian menurut Zudan, biaya Rp 1.000 saat akses NIK diterapkan kepada kementerian atau lembaga.

“Yang dipungut penerimaan negara bukan pajak itu lembaga seperti bank, asuransi, pasar modal. Dalam konteks yang lain sebenarnya masyarakat nabung di bank juga ada biaya administrasi, ambil uang di ATM, beli pulsa lewat e-banking, semua ada biayanya,” ucap dia.

Zudan menegaskan, pelayanan publik dari pemerintahan tetap gratis dan tidak berbayar.

“Masyarakat mengira dia yang akses NIK terus membayar. Yang layanan publik dari pemerintah tetap gratis,” kata Zudan menambahkan.

Dengan adanya rencana tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Rifqinizamy Karsayuda menyatakan, mekanisme Kemendagri itu juga akan dicermati oleh pihaknya, terutama terkait dana yang dihimpun dari masyarakat tersebut.

“Komisi II DPR akan mencermati dana yang dihimpun dan ditarik oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) agar bisa dikelola dengan baik dan akuntabel sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada,” ujar Rifqi di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (17/4/2022).

Berikut deretan hal terkait rencana nantinya setiap akses NIK bakal dipungut biaya Rp 1.000 oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri dihimpun Liputan6.com:

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah dimulai. Bermodal NIK KTP, kamu bisa melakukan pengcekan data penerima vaksin gratis dari pemerintah melalui lama pedulilindungi.id.


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4940919/3-hal-terkait-rencana-ditjen-dukcapil-kemendagri-bakal-tarik-biaya-akses-nik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID