201 Warga Dicatut Jadi Anggota Parpol

201 Warga Dicatut Jadi Anggota Parpol

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 201 warga mengadukan namanya tercatat di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Padahal mereka bukan anggota partai politik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Paulus Widyantoro mengatakan data berdasarkan aduan masyarakat. Sebanyak 201 warga mengadukannya ke KPU di kabupaten/kota se Jateng. “Mereka sudah mengadukan, karena tidak bukan anggota parpol,” katanya.

Ia menambahkan aduan terbanyak di Kota Semarang dan Kabupaten Sragen sebanyak 15 orang. Disusul Kendal 13 aduan, Demak 12 aduan, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Kebumen 11 aduan, KPU Jateng 9 aduan,  Kota Surakarta 8 aduan dan sejumlah daerah lain. “Aduan tersebar di sejumlah daerah di Jateng,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal serupa masyarakat diminta mengecek NIK secara rutin di akun Sipol. Kalau bukan anggota tapi NIK tercantum di Sipol bisa langsung lapor ke kantor KPU. “Nanti akan langsung ditindaklanjuti,” tambahnya.

Parpol juga harus lebih selektif. Tidak asal memasukan nama tanpa persetujuan yang bersangkutan. KPU bakal mencoret nama yang tidak ada persetujuan dari yang bersangkutan karena statusnya tidak memenuhi syarat.

“Parpol harus segera melakukan perbaikan sebelum tanggal 14 Desember. Karena memasuki batas terakhir verifikasi faktual untuk penetapan peserta pemilu 2024,” tambahnya. (kap/fth)


Sumber: https://radarsemarang.jawapos.com/berita/politik/2022/09/07/201-warga-dicatut-jadi-anggota-parpol/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID