13 Parpol di Payakumbuh Penuhi Syarat Keanggotaan

13 Parpol di Payakumbuh Penuhi Syarat Keanggotaan

Payakumbuh: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, mencatat hingga Kamis terdapat 13 dari 24 partai politik (parpol) di daerah ini telah memenuhi syarat keanggotaan.
 
“Hingga saat ini dari proses verifikasi administrasi yang telah dilaksanakan sudah ada 13 parpol yang memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Payakumbuh, Haidi Mursal, di Payakumbuh, Kamis, 1 September 2022.
 

Dia mengatakan untuk dapat lolos verifikasi administrasi parpol di Kota Payakumbuh minimal harus memiliki 142 keanggotaan.
 
“Namun parpol masih memiliki waktu untuk memperbaiki datanya sampai dengan 3 September 2022 dan nanti akan kita lakukan kembali verifikasi administrasi,” jelasnya.
 
Ia mengatakan sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 309 Tahun 2022 yang ditetapkan pada 26 Agustus 2022 terdapat beberapa indikator keabsahan dokumen persyaratan keanggotaan parpol yang berkurang, seperti status pekerjaan, status perkawinan, dan tempat lahir.
 
“Jadi saat ini indikatornya itu pencocokan kartu tanda anggota (KTA) dengan data diri seperti nama, nomor KTA, dan parpol. Sedangkan pencocokan anggota parpol dengan KTP-el itu untuk nama, NIK, jenis kelamin, dan tanggal lahir,” jelasnya.
 
Haidi mengatakan dengan pengurangan indikator tersebut terdapat peningkatan data keanggotaan yang memenuhi syarat dari yang sebelumnya belum memenuhi syarat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kurang lebih ada 200-an data keanggotaan parpol yang sebelumnya belum memenuhi syarat menjadi memenuhi syarat,” ungkapnya.
 
Terkait masih dilaksanakannya proses verifikasi administrasi hingga 3 September 2022, dia meminta agar masyarakat melakukan pengecekan data dengan mengakses situs dan memasukkan nomor induk kependudukan (NIK).
 
“Jika ada masyarakat yang terdaftar di salah satu parpol dan tidak menerima dirinya terdaftar bisa datang ke KPU dan kami akan menolong mengisi surat pernyataan tanggapan masyarakat,” ujarnya.
 
 
 

(DEN)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/ObzmAXlN-13-parpol-di-payakumbuh-penuhi-syarat-keanggotaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2016-2022 Sampit.ID