1 NIK buat 10 Kg Minyak Goreng Curah Per Hari, Boleh Pinjam KTP?

1 NIK buat 10 Kg Minyak Goreng Curah Per Hari, Boleh Pinjam KTP?

Jakarta

Pembelian minyak goreng curah kini harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP atau aplikasi PeduliLindungi. Konsumen dibatasi pembeliannya, di mana satu NIK hanya boleh membeli 10 kg minyak goreng curah per hari.

Bila kuota harian sudah habis, konsumen baru bisa membeli minyak goreng curah di hari berikutnya. Lantas, bagaimana jika konsumen meminjam NIK orang lain untuk membeli minyak goreng curah?

“Kalau menurut kami sebenarnya setiap manusia yang punya NIK punya hak membeli. Jika hak tersebut dipinjamkan kepada orang, hari itu, bukan sesuatu yang mau kita regulate,” Kata Plt Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmad Kaimuddin, Selasa (28/6/2022).

Rahmad menambahkan, bila ada masyarakat yang mau gotong royong meminjamkan KTP, maka pihaknya akan berprasangka baik. Namun, jika toko pengecer minyak goreng curah selalu kehabisan barang padahal tidak ada antrean, maka akan dilakukan evaluasi.

Selain itu, Rachmad menambahkan mekanisme pendataan KTP menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Ia menyebut jika muncul warna hijau, artinya masih ada kuota untuk membeli.

“Kalau hijau itu bisa beli. Kalau merah, kuota hari itu sudah dipakai silahkan datang lagi besok harinya,” katanya menambahkan.

Namun, jika masyarakat benar-benar membutuhkannya, maka ia membolehkan mereka untuk mencari orang lain untuk dipinjam KTP-nya. Dengan catatan, pemilik KTP tersebut masih memiliki kuota 10 kg pembelian minyak goreng curah.

Rachmad menjelaskan, kuota 10 kg per hari harusnya mencukupi kebutuhan minyak per orang di Indonesia. Berdasarkan data per kapita, satu orang hanya membutuhkan sekitar 1 liter minyak goreng curah untuk satu bulan.

“Jadi itu 330 kali lebih banyak dari kebutuhan rata-rata. Kita berharap kuota sebesar ini harusnya mencukupi,” pungkasnya.

(hns/hns)


Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6152201/1-nik-buat-10-kg-minyak-goreng-curah-per-hari-boleh-pinjam-ktp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Sampit

Subscribe dan Like!

Dapatkan informasi terbaru tentang Sampit secara realtime!

BERITA

KONTAK

ABOUT

SAMPIT.ID adalah portal agregasi berita tentang kota Sampit (Kotawaringin Timur).

email: [email protected]

STAY CONNECTED

Copyright 2017 Sampit.ID